CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Desain Arsitektur Perpustakaan UI The Crystal Of Knowledge

The Crystal of Knowledge, bangunan ini memang mirip kristal, dengan masa-masa bangunan yang mencuat seperti tak beraturan, beratap tanaman rumput yang hijau. Di sini disimpan dan dihasilkan kristalisasi dari ilmu, berupa buku-buku yang bermanfaat.

 

 

The Crystal Knowledge merupakan perpustakaan Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat. Gedung perpustakan tersebut seluas 33.000 meter persegi, dan menempati lahan seluas 2,5 hektar. Memiliki lebih dari 6 juta koleksi buku, dan dapat menampung 10.000 pengunjung sekaligus. Di lantai bawah terdapat fasilitas restoran Korea, kafe, dan hot spot area. 

 

 

Dibangun dalam waktu 6 bulan dari Juni sampai Desember 2009. Selanjutnya dilakukan finishing detail-detail interior sampai sekarang. Biaya pembangunannya Rp 170 miliar. Meskipun UI punya Fakultas Teknik dengan Departemen Arsitektur-nya, namun ketika Perpustakaan Pusat UI akan menjadi proyek, dilakukan kompetisi secara internasional dengan juri-juri dari internasional juga. Terpilihlah desain karya perusahaan DMC Architect, yang kantor-kantornya berkedudukan di Australia, Inggris dan Indonesia.

DMC Indonesia dipimpin arsitek Budiman Hendropurnomo, sedangkan kontraktor sipil dikerjakan Arkonin.

 

 

Add comment


Security code
Refresh