CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Bangunan Bersejarah Di Kota Surabaya

Surabaya merupakan kota yang memiliki banyak peninggalan bersejarah. Hal tersebut dapat dilihat melalui bangunan-bangunan kuno dengan arsitektur yang khas. Bengunan tersebut diantaranya yaitu: 

 

 

Kantor Pos, gedung ini mungkin tampak seperti kantor pos biasa bagi masyarakat Surabaya. Dominasi warna oranye dan hitam tentulah langsung mengingatkan kita dengan kantor pos yang identik dengan dua warna tersebut. Namun, gedung klasik dengan atap oriental ini merupakan salah satu bangunan bersejarah dan berharga yang dimiliki kota Surabaya. Bangunan peninggalan kolonial yang terletak di Jalan Kebon Rojo ini masih berdiri kokoh hingga saat ini.

 

 

Rumah Sakit Darmo, gedung yang terletak di Jalan Raya Darmo ini dulunya digunakan sebagai kamp. Interniran anak-anak dan wanita pada zaman pendudukan Jepang. Bentuk bangunannya cukup unik menyerupai bentuk gereja. Tempat ini mulai dioperasikan sebagai rumah sakit pada tanggal 15 Januari 1921. Ketika pasukan sekutu datang, gedung ini diambil alih oleh Let. Kol. Rendall. Pada tanggal 27 Oktober 1945, sejarah pun dimulai di tempat ini. Brig. Jend A.W.S Mallaby dan pasukannya memilih gedung ini sebagai pusat pertahanan dan meletuslah insiden pertama antara pasukan Mallaby dan arek-arek Surabaya.

 

 

Stasiun Gubeng, stasiun ini merupakan stasiun kereta api terbesar di Surabaya yang melayani jalur selatan. Stasiun ini pertama kali dibangun di sisi barat rel kereta api. Pada pertengahan dekade 1990an barulah bangunan baru dengan arsitektur yang lebih modern didirikan di sisi timur rel kereta api. Walaupun saat ini bangunan baru stasiun yang lebih banyak digunakan namun stasiun ini merupakan salah satu saksi sejarah Surabaya.

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh