CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Hotel Majapahit Peninggalan Bersejarah Di Surabaya

Hotel Majapahit merupakan salah satu bukti arsitektur peninggalan kolonial di Surabaya. Hotel Majapahit dalam perkembangannya sering berubah nama. Perubahan nama ini tidak terlepas dari keberadaan penguasa. 

 

 

Awalnya, hotel tersebut dibangun dengan nama Oranje Hotel oleh Lucas Martin Sarkies asal Armenia. Di tahun 1936, hotel tersebut direnovasi dengan tambahan sentuhan art deco. Akibat Perang Dunia II, Jepang menguasai bumi nusantara. Oranje Hotel pun diambil alih dan berganti nama menjadi Yamato Hoteru. Di tahun 1945, sebuah peristiwa bersejarah mengambil tempat. Artinya ketika Belanda yang berkuasa nama hotel menggunakan bahasa Belanda, namun setelah berganti Jepang yang berkuasa, maka nama tersebut diubah dalam bahasa jepang.

Hotel Majapahit merupakan hotel bersejarah di Surabaya. Hotel ini sendiri mempunyai sebuah kisah yang cukup heroik dalam upaya mempertahankan kemerdekaan negara Indonesia. Peristiwa heroik yang terjadi di Hotel Majapahit ini sendiri yakni perobekan sebuah bendera belanda yang dirobek warna biru pada bagaian bawahnya. Akan tetapi, sebelumnya juga hotel Majapahit ini sendiri sudah lama berdiri semenjak sebelum peristiwa perobekan bendera tersebut.

Hotel ini dibangun pada tahun 1910. Bentuk bangunan hotel majapahit sendiri mempunyai sebuah keunikan yang menunjukkan ciri khas yang berbeda dengan hotel-hotel lainnya. Bentuk keunikannya disini adalah memiliki arsitektur yang berciri khas pada zaman kolonial Belanda. Perkembangannya sendiri sampai saat ini bangunan yang berciri khas bangunan kolonial, sampai saat ini masih tetap utuh. Perubahan pembangunan pada hotel majapahit tidak dilakukan, mengingat ini untuk menjaga keaslian dari bangunan tersebut.

Dalam usaha untuk memperbaiki hanya dilakukan pada pembangunan bagian depan saja. Pembangunan pada bagian depan tersebut dilakukan pada tahun 1936.  Pada saat ini hotel majapahit yang terletak di jalan Tunjungan tersebut masih terjaga keutuhan akan arsitektur khas kolonial Belanda. Selanjutnya dibagian dalam hotel Majahapit ini sendiri terdapat pula akan keindahan sebuah taman. Taman-taman yang berisikan akan keindahan kemilau bunga gunanya untuk memikat para pengunjug yang akan menginap hotel tersebut. Pada sekarang ini taman tersebut masih terjaga akan keindahannya.

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh