CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Gedung Bersejarah Museum Kebangkitan Nasional

Museum Kebangkitan Nasional adalah sebuah museum sejarah yang besar dan indah di Jakarta. Museum Kebangkitan Nasional berada tidak jauh dari Pasar Senen, Jakarta Pusat. Bangunannya mulai dibuat pada tahun 1899, selesai pada tahun 1901, dan diresmikan sebagai gedung STOVIA (School Tot Opleiding Van Inlandsche Arsten) pada bulan Maret 1902. 

 

 

STOVIA adalah sebuah sekolah kedokteran yang diperuntukkan bagi pelajar pribumi yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Namun STOVIA kemudian dipindahkan ke Jl. Salemba No. 6 pada tahun 1920, dan lima tahun kemudian gedung bekas STOVIA ini digunakan untuk MULO (setara dengan SMP), AMS (setara dengan SMA), dan Sekolah Asisten Apoteker.

Selama masa pendudukan Jepang, gedung bekas STOVIA ini dipergunakan oleh tentara Jepang sebagai tempat tahanan bagi tentara Belanda yang tertangkap. Patung R. Soetomo yang bisa diketemukan di dekat pintu masuk arah ke sebelah kiri Museum Kebangkitan Nasional. Soetomo lulus dari STOVIA pada 11 April 1911.

Ia adalah salah satu pendiri dan ketua pertama perkumpulan Boedi Oetomo, organisasi pemuda modern pertama yang lahir di Indonesia, pada tanggal 20 Mei 1908.  Tanggal itu kemudian ditetapkan oleh pemerintah sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh