CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Casa Batllo Karya Unik Arsitek Gaudi

Casa Batllo, pemilik bangunan ini adalah Josep Batllo i Casanovas. sekitar tahun 1900, Batllo membeli sebuah properti lama yang dibangun antara tahun 1875-1877. Dia kemudian meminta Gaudi untuk menghancurkan bangunan lama dan membangun yang baru.

Namun, Gaudi meyakinkan Batllo agar hanya merombak bangunan yang telah ada. Gaudi mengubah atap, muka bangunan, merombak total interiornya, dan menambah beberapa lantai. Proses ini berlangsung dari tahun 1904-1906. Jika dilihat dari depan, Casa Batllo dibuat dari susunan batu pasir berlapis warna-warni trencadis. Trencadis merupakan seni mozaik Cataluna. Fitur yang paling menarik dari rumah empat tingkat ini adalah bagian balkon.

 

Sang arsitek merancang balkon-balkon pada bangunan ini berbentuk tengkorak dengan pilar penyangga yang berbentuk seperti tulang manusia. Dengan bentuknya yang unik tersebut rumah Josep Batllo ini pun dijuluki sebagai House of Bones atau rumah tulang belulang. Di bagian atap Casa Batllo, Gaudi menghadirkan sentuhan mozaik sehingga menyerupai sisik reptil. Atapnya juga berbentuk memanjang dan bergelombang.

Menurut para ahli arsitektur, Gaudi ingin menggambarkan kisah naga yang ditusuk pedang oleh St. George. Kubah kecil di bagian atasnya adalah simbol pedang tersebut sedangkan bentuk tulang belulang pada balkon adalah penggambaran korban keganasan naga. Di bagian interiornya, Gaudi juga sangat memperhatikan tiap detailnya. Hal itu terlihat dari desain jendela kaca patri, pintu kayu, ubin warna warni, dan ukiran perapian.

Jika Anda ingin melihat keunikan dan keindahan bangunan karya Antoni Gaudi ini, bangunan ini berada di Passeig de Gracia 43. Lokasi ini dapat Anda capai menggunakan angkutan menuju ke Arago-Rambla Cataluna. Setelah itu, Anda dapat berjalan kaki selama setengah jam untuk sampai di depan bangunan ini.