CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Ciri Karya Arsitek Antoni Gaudi

Antoni Gaudi (1852-1926) adalah seorang arsitek yang namanya mencelat setelah ia memenangkan sebuah lomba desain bangunan di Barcelona. Sejak itu Gaudi tidak pernah berhenti berkarya membuat bangunan-bangunan yang sangat khas di tiap sudut kota.

Gaudi mengolah setiap detail secara serius. Bahkan pengolahan detail merupakan ciri khas karya-karyanya. Bentuk massa bangunan yang organik dan jauh dari kesan kaku, adalah cara Gaudi untuk mengekspresikan kedekatannya dengan alam. Bentuk organik ini juga menunjukkan semangatnya yang meyakini bahwa batas apapun bisa didobrak dan dilampaui.

Lewat ciri karya arsiteknya ini lah kelak Barcelona seakan memiliki budaya arsitekturnya tersendiri. Salah satu yang menjadi ikonnya adalah gereja La Sagrada Familia atau jika diterjemahkan menjadi gerejanya holy family. Sebuah gereja yang mulai dikerjakan sejak tahun 1882 dan hingga hari ini masih perlahan-lahan terus dikerjakan konstruksinya.

Pembangunan gereja La Sagrada Familia ini nampaknya menjadi sebuah pekerjaan konstruksi bangunan dengan pengerjaan terlama sepanjang sejarah. Hampir 2 abad lamanya hanya untuk membuat sebuah gereja dengan luas wilayah 5 hektar. Dengan lamanya proses pengerjaannya ini, maka tidak heran jika bangunan ini melibatkan bukan saja banyak pekerja konstruksi namun juga banyak arsitek yang bekerja saling melanjutkan.