CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Casa Milla Salah Satu Karya Unik Gaudi

Antoni Gaudi Cornet adalah arsitek Catalunya dari Reus, Spanyol, yang menjadi tokoh utama Modernisme Catalunya. Karya-karya Gaudi mencerminkan gayanya yang individualis dan tidak biasa. Kebanyakan di antaranya terdapat di Barcelona, termasuk magnum opusnya, Sagrada Família.

Antoni Gaudí lahir pada tahun 1852, dengan industri boilermaker Francesc Gaudi Serra (1813-1906) dan Antonia Cornet i Bertran (1819-1876). Banyak karya Gaudi yang mencerminkan kegemarannya dalam hidup, yaitu arsitektur, alam, dan agama. Gaudi memperhatikan setiap detail karyanya, menggabungkan arsitekturnya dengan serangkaian kerajinan yang ia kuasai, keramik, kaca berwarna, penempaan besi, dan pahat kayu.

Ia memperkenalkan sejumlah teknik baru dalam penggunaan bahan, seperti trencadis yang terbuat dari pecahan keramik bekas. Karya-karya Gaudí mendapat pengakuan luas dari dunia internasional dan banyak sekali studi yang diselenggarakan untuk mempelajari dan memahami arsitekturnya. Casa Milla adalah salah satu bangunan yang lekat dengan nama Antoni Gaudi (1852–1926).

Casa Milla, Bangunan yang juga dikenal dengan nama La Pedrera ini memiliki kisah unik dibalik pembuatannya. Jika orang mengira bahwa bangunan ini adalah karya arsitektur modern, La Pedrera adalah bangunan berbentuk gelombang yang dibangun lebih dari satu abad yang lalu, tepatnya berkisar tahun 1906 dan 1912. Ya, Antoni Gaudi merupakan arsitek yang membuat bangunan ini. Namun beliau wafat di tahun 1926.

Bangunan ini menggunakan besi tempa pada balkonnya dengan bentuk yang terlihat tak beraturan untuk membentuk desain melingkar. Selain menjadi headquarters dari Fundació Catalunya-La Pedrera, bangunan ini juga menjadi pusat kebudayaan serta icon dari Barcelona. Di tahun 1984, Casa Mila yang disebut sebagai bangunan tertinggi di Paseo de Gracia ini sudah dinyatakan sebagai World Heritage oleh UNESCO.