CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Sejarah Arsitektur Post Modern

Istilah Post-Modern mulai dikenal pada pertengahan tahun 1970-an. Secara umum, istilah Post-Modern merupakan reaksi terhadap Modernisme. Sehingga kaduanya tidak dapat dipisahkan dan saling berhubungan.

Arsitektur Post-Modern merupakan kelanjutan atau perkembangan dari arsitektur modern. Pada dasarnya Arsitektur Post-Modern muncul akibat terjadinya kejenuhan terhadap karya-karya arsitektur modern yang lebih menonjolkan fungsi dari pada estetika pada suatu bangunan. Hal ini menunjukan bahwa dasar filosofi dan teori Arsitektur Modern sudah tidak relevan aau sesuai dengan tuntutan zaman.

Pada tahun 1960-1970 gerakan Arsitektur Modern mulai memperlihatkan tanda-tanda berakhir. Berakhirnya era Arsitektur Modern ini diawali dengan dihancurkannya Pruitt-Igoe Housing di kota St. Louis, Negara bagian Missouri, Amerika Serikat, pada tanggal 15 Juli 1972 jam 15.32 (Jenks, 1984).Yang menjadi ciri pokok dari desain arsitektur post modern yaitu anti rasional dan neo-sculptural, berbeda dengan Arsitektur modern yang rasional dan fungsional.