CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Uniknya Bandara Barajas, Madrid

Bandara Barajas Airport, Madrid ini dirancang oleh Richard Rogers Partnership dan memenangkan 'Sterling Prize' di tahun 2006. Ya, terminal  4 Bandara Barajas Madrid ini pertama kali dibuka pada tahun 2006.

Bersama timnya, Richard Rogers mendesain terminal 4 ini dengan Pylons aneka warna dan atap berlapis bambu. Atap yang membentuk gelombang tersebut lantas menciptakan kesan sinar temaram yang terlihat sangat istimewa. Dengan panjang mencapai setengah mil, para penumpang pun merasakan sensasi berjalan di tengah rangkaian pelangi saat melewati areka terminal ini.

Rogers juga menempatkan kanopi yang mengalir dengan sistem sirkulasi paralel, didukung oleh kolom divergen kembar. Cahaya yang masuk secara transparansi melalui struktur atap yang berbentuk seperti bukit. Ada perubahan secara halus dalam pewarnaan berfungsi penekankan yang berbeda antar ruangan. Perubahan secara vertikal juga sangat jelas, seperti beton brutal yang dipadukan dengan kaca2 yang menumpu diatasnya.

Dalam utilitasnya, Rogers sangat berhati-hati dalam menempatkan mechancial dan struktur agar jauh dari jangkauan penumpang tetapi tetap dalam pandangan yang bisa dinikmati, terekspos, fleksibel dan tidak membosankan. Terminal yang dirancang untuk dapat menampung 35 juta penumpang per tahun itu memang menjadi satu-satunya bandara terbesar di Eropa.