CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Arsitektur Hemat Energi THE WESTARKADE KFW

Gedung kantor bank KfW (Kreditanstalt für Wiederaufbau) atau Credit Buro for Reconstruction di Frankfurt , Jerman terpilih sebagai gedung tinggi terbaik di dunia oleh Council on Tall Buildings and Urban Habitats.

Bangunan ini dipandang sebagai salah satu gedung perkantoran paling hemat energi di dunia. Dirancang  menggunakan hampir separuh energi dari rata-rata energi yang dikonsumsi gedung perkantoran Eropa pada umumnya dan sepertiga energi pada gedung perkantoran di Amerika Serikat.

Kantor bank tersebut mengkonsumsi energi sekitar 7 kilowatt jam per kaki persegi  atau  77,78 kilowatt jam per meter per segi per tahun.

Di antara sejumlah sistem penghematan energi yang diterapkan, Gedung KfW Westarkade  mengeksploitasi kekuatan angin  yang  besar untuk ventilasi alami yang dikendalikan melalui fasadenya berupa dinding dua lapis.

Hal tersebut memungkinkan gedung 14 lantai di Frankfurt tersebut menggunakan ventilasi alami selama 8 bulan dalam satu tahun. 

Di bagian eksteriornya, gedung KfW Westarkade Frankfurt menampilkan bentuk ramping yang terintegrasi dengan baik ke dalam lingkungan sekitarnya, sekaligus terlihat beda melalui penggunaan warna-warna  ceria, merah, biru, dan hijau.