CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Lampion Pada Perayaan Imlek

Tahun baru Imlek atau yang biasa disebut Shincia dengan logat Hokkian atau Chunjie dalam Mandarin yaitu hari pertama penggantian tahun dari penanggalan Imlek. Hari raya ini dirayakan sejak hari pertama hingga hari ke 15 bulan satu Imlek.  Di 2014 perayaan Imlek jatuh pada 31 Januari dan disebut tahun kuda kayu.

Tahun baru Imlek, merupakan perayaan penting bagi etnis Tionghoa. Perayaan yang dimulai di hari pertama bulan pertama (zheng yue) dan berakhir dengan Cap Go Meh di tanggal lima belas. Perayaan Imlek ini biasanya ditandai dengan penggunaan warna merah yang dominan dengan berbagai dekorasi Imlek salah sarunya adalah lampion.

Lampion, konon berasal dari zaman dinasti Xi Han (tahun 206 SM – 9 M) kira-kira 1800 tahun yang lalu, sudah menjadi tradisi setiap Hari Raya Imlek dipajang lampion-lampion di rumah-rumah atau perkarangan atau tempat umum misalnya di taman, kebun, jalan-jalan, lorong-lorong dan lain sebagainya.

Lampion ini telah menjadi tradisi bagi orang Tionghoa sebagai simbol kebahagiaan, yang dipasang untuk event-event kegembiraan berwarna merah, dan lampion putih terbuat dari rangka bambu untuk simbol bela sungkawa. Dalam perkembangannya, lampion digambari dan dihiasi ornamen-ornamen macam-macam, dan huruf-huruf kaligrafi. Lampion ada yang terbuat dari kertas, kain, kulit binatang, dan dari bordiran-bordiran kain sutra dan lain-lain.

Lampion benar-benar sebagai simbol penyambutan hari raya imlek. Saat dinasti Ming Zhu Yuan Chang (tahun 1368 – 1644 M) pendiri dinasti ini, ketika memproklamirkan ibu kota negara di Nanjing diadakan lampion air, dimana ribuan lampion diambangkan di aliran sungai Qinhuaihe. Kemudian setiap tahun diadakan pesta lampion, tapi sejak berdirinya Republik Tiongkok pesta ini memudar, sehingga ahli-ahli pembuat lampion juga berkurang, namun kini rupanya mulai digalakkan lagi.

Ada juga tradisi disaat hari raya Imlek, membawa lampion sebagai simbol untuk mendapatkan anak lelaki atau putra, karena lafal kata Mandarin yang berdekatan yang mempunyai arti mendapat putra (Denglong Tianding). Sama halnya dengan hanging lamp, lampion bisa ditempatkan di dalam ruangan. Benda ini dapat diletakkan di ruang apapun, ruang tamu, ruang makan, kamar tidur maupun ruang keluarga. Anda pun dapat memilih jenis lampion dari berbagai material, kain, kertas, kaca dan lain-lain.

Masing-masing material menentukan keawetan dan bias sinar yang keluar dari lampion. Bila Anda bosan dengan lampion-lampion yang polos, saat ini juga tersedia lampion dengan beragam motif, mulai kaligrafi hingga motif oriental lainnya. Modelnya pun tak selalu bulat, lampion modern ada yang berbentuk lonjong, kotak ataupun segi banyak.