CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Memilih Batang Penggantung Tirai

Bila Anda telah memutuskan untuk memberikan tirai pada jendela hunian, maka Anda wajib mempertimbangkan hal-hal berikut untuk memilih batang penggantung tirai. Tersedia beraneka ragam materi dan desain model dari batang penggantung tirai.

Sebelum menjatuhkan pilihan batang penggantung tirai yang akan digunakan, maka Anda harus mempertimbangkan dimensi luasan jendela, gaya dan model tirai serta pertimbangan estetika lain nya.

LOKASI BATANG PENGGANTUNG

Pertimbangkan model jendela dan model tirai yang digunakan beserta luas bidang di sekitar jendela yang ditutupi oleh tirai tersebut. Bila jendela hunian Anda menjulang tinggi hingga ke langit-langit ruangan, Anda bisa memilih batang penggantung yang ditempelkan di langit-langit. Sebaliknya bila jendela Anda masih terjangkau uluran tangan, maka Anda lebih cocok memilih batang penggantung yang ditempelkan di dinding.

JENIS BATANG PENGGANTUNG

Kini telah tersedia beraneka ragam batang penggantung tirai yang tersedia di pasar. Jadi pertimbangkan dampak visual yang ingin Anda munculkan sebelum memasang batang penggantung tirai beserta tirai nya.

Pilih saja batang penggantung berdesain minimalis dengan aksen warna yang berani, jika Anda hendak memunculkan nuansa modern dan kontemporer. Atau geser pilihan Anda ke batang penggantung berbahan kayu untuk nuansa tropis dan alami. Bisa juga memilih tampilan berwarna emas, tembaga dan perunggu untuk nuansa tradisional dan klasik.

 

BAHAN DAN DIMENSI BATANG PENGGANTUNG

Di sisi lain, pertimbangkan jenis dan bobot kain tirai yang digunakan. Bahan kain tipis dan menerawang biasanya memiliki bobot yang ringan, sedangkan kain beludru yang tebal berindikasi bobot yang berat. Bila menggunakan kain tirai yang berat dengan banyak lipatan, sebaiknya Anda memilih bahan penggantung yang kuat dengan dimensi batang yang sesuai.

JENIS DAN MODEL FINIAL

Finial merupakan aksen dekorasi di ujung batang penggantung tirai. Bagian ujung ini dapat memperkuat kesan tampilan batang tirai. Dapat dipilih dari material kayu, logam, bahan kaca , plastik sintesis dengan tampilan akhir yang beragam desain dan model.

 

LEBAR BATANG PENGGANTUNG

Untuk memungkinkan tirai dibuka dan ditutup dengan mudah, panjang batang penggantung harus dilebihkan sekitar 10-20 centimeter dari pinggir bingkai jendela. Ingat untuk tetap mempertimbangkan lebar dari ujung finial , bila diperlukan.

KETINGGIAN BATANG PENGGANTUNG

Sediakan jarak sekitar 15 centimeter dari batas atas tinggi jendela untuk menciptakan bias sinar yang masuk ke dalam ruangan ketika jendela ditutup oleh tirai. Bisa saja jarak tersebut dibuat lebih panjang atau lebih pendek tergantung efek bias cahaya yang diinginkan serta efek visual panjang tirai yang diinginkan.

Selamat memilih tirai beserta batang penggantung tirai yang sesuai dengan keinginan Anda.