CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Tips Menata Balkon Pada Hunian

Balkon menjadi bagian yang mampu menambah nilai estetika fasade sebuah hunian. Khususnya, untuk rumah-rumah dua lantai atau lebih. Keberadaan balkon akan mampu mendukung tampilan rumah sehingga terlihat lebih indah.

Balkon atau teras yang terletak di lantai atas memiliki fungsi yang sama dengan teras yang berada di lantai bawah. Yaitu sebagai tempat bersantai dan menjadi jalan sinar matahari agar bisa masuk ke dalam ruangan sekaligus sebagai tempat sirkulasi udara. Selain itu, tentu saja balkon juga berfungsi untuk menambah kesan hunian yang menarik. Nah, untuk menghadirkan balkon yang pas dan nyaman, berikut ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan:

alt

  • Dalam membuat balkon sebaiknya disesuaikan dengan desain bangunan dan lingkungan sekitar Anda. Dari potensi lingkungan, Anda harus mempersiapkan ketersediaan lahan yang paling utama, dan jangan Anda membuat balkon bila lahannya sempit karena dapat merusak harmonisasi hunian dan tentunya bila dipaksakan dibuat maka tidak akan optimal.
  • Proporsi antara balkon dan lahan harus seimbang. Untuk lahan yang cukup luas, permasalahan yang biasa muncul adalah menyelaraskannya dengan skala bangunan. Jika nantinya peran balkon tidak optimal, maka jangan membangunnya dalam skala besar.
  • Selanjutnya,setelah ketersediaan lahan adalah bentuk dan ukuran jalan. Peran jalan tidak hanya untuk kendaraan, tapi juga pijakan untuk membangun balkon. Jalan sempit menjadikan bangunan nampak sesak. Untuk itu, dimensi balkon janganlah terlalu besar. Lain halnya jika jalan di depan rumah cukup lapang. Bolehlah membangun balkon yang cukup besar.
  • Selain itu, Anda perlu pula memperhatikan rotasi matahari. Yang dimaksud adalah arah gerak matahari dari timur ke barat. Rotasi akan membentuk treatment desain balkon. Letak balkon yang menghadap timur atau barat, perlu atap/teritis yang cukup lebar. Atap atau teritis lebar berfungsi menangkal sinar berlebih masuk ke area balkon.
  • Dampak polusi suara dari kendaraan juga layak diperhatikan dalam membangun balkon. Suara knalpot kendaraan tentunya akan mengganggu kenyamaman saat Andaberada di balkon. Mensiasatinya dengan peletakkan balkon agak kedalam hunian. Bukan menjorok keluar, seperti umumnya balkon. Cara lainnya, gunakan buffer (peredam). Buffer sebaiknya kedap, cukup tebal. dan padat, agar suara bising tersaring. Misal railing tembok atau beton. Tanaman rimbun merambat juga bisa dijadikan buffer.

Selamat mendesain balkon!!!

Add comment


Security code
Refresh