CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Tips Memasang Batu Alam

Batu alam bisa menjadi pilihan tepat untuk membuat rumah terlihat natural. Sehingga, bagi Anda yang ingin menampilkan nuansa alam, batu alam dapat Anda terapkan baik pada dinding ataupun lantai. Di bawah ini adalah beberapa tips memasang batu alam.

· Sebelum batu alam dipasang, sebaiknya batu alam tersebut direndam ke dalam air lebih dulu. Sebab, batu alam mempunyai pori yang cukup besar, hingga jika ditempel langsung akan mudah lepas (jenis-jenis batu alam ini bisa ditemukan pada materi alam, jenis material, dan penjual material).

· Jika akan dipasang pada permukaan dinding “batu-alam-sebagai-fasad-bangunan”, maka kupaslah dinding tersebut dari lapisan semen yang sudah ada sebelumnya secara acak pada permukaan agar batu alam bisa lebih kuat menempel di dinding. Sebaiknya, batu alam yang digunakan, dibeli di penjual material pada toko yang sudah profesional dan cukup besar.

· Anda harus menggunakan semen khusus, atau dapat juga semen instan supaya batu alam lebih kuat menempel pada dinding. Untuk mendapatkan batu alam yang berkualitas, belilah material di toko yang sudah berpengalaman dan khusus menjual batu alam saja.

· Batu alam ini memiliki presisi yang tidak selalu sama. Penyimpangan dari ukuran batu alam ini dapat sampai 5mm atau bahkan 1 cm. Jika itu terjadi, maka hasilnya bisa dipastikan tak akan rapi. Oleh sebab itu, Anda perhatikan dengan benar presisi dari batu alam pada saat membeli serta carilahtukang yang sudah berpengalaman untuk pemasangannya.

· Batu alam ini relatif berat, oleh karena itu dibutuhkan kadar semen yang lebih banyak, serta mutu pasir yg bagus, serta air yang bersih dalam fungsinya sebagai “lem” perekat. Karena, semakin rendah mutu sebuah adukan, maka semakin mudah pula batu tersebut terlepas dari dinding. Lalu, pastikan juga adukan semen diaplikasikan dengan merata di permukaan batu alam yang akan Anda tempel.

· Jangan Anda membiarkan bekas semen plasteran maupun semen nat antar batu mengering di permukaan batu alam. Karena, batu alam ini memiliki sifat porous atau menghisap si air. Maka jika sampai semen didiamkan di permukaan batu tersebut sampai kering, akan meninggalkan bercak dan noda serta sangat sulit untuk Anda hilangkan.

· Setelah pemasangannya, maka sikat permukaan batu alam ini, lalu keringkan. Jangan lupa lapisi dengan cairan water-repellent, seperti rangkaian produk ARCA Water Repellent. Setelah dilapisi dengan water-repellent, maka permukaan batu alam akan “anti jamur” dan “anti lumut” dan juga mengkilat hingga 6 bulan. Bila kondisi di dalam batu terjaga tetap kering, maka tentunya permukaan batu alam ini akan semakin awet.

Selamat memasang batu alam.

Add comment


Security code
Refresh