CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Memilih Pot Untuk Keindahan Rumah

Pot memiliki beragam desain dan mudah untuk diserasikan dengan desain atau gaya hunian. Untuk menghadirkan pot yang menarik, Anda bisa coba menatanya pot dengan tanaman yang indah dengan cara digantung atau disusun bertingkat agar terlihat lebih memikat. 

 

 

Dengan penataan yang tepat dan dilengkapi tanaman yang indah, kehadiran pot akan mendukung kesan yang menarik pada rumah Anda. Ya, pot dengan tanaman yang memperindah rumah bisa menjadi ide yang tepat, namun ada beberapa hal yang haru Anda perhatikan ketika akan memilih pot, diantaranya yaitu:

Ukuran pot harus disesuaikan dengan ukuran tanaman. Ini penting, sebab bila potnya terlalu kecil maka tidak akan cukup menampung pertumbuhan tanaman, khususnya pertumbuhan akar. Sebaliknya, bila ukuran terlalu besar, banyak hara yang tak terjangkau oleh akar, jadi ‘mubazir’ saja. Bahkan akan mengakibatkan akar menjadi busuk, sebab media pada bagian bawah/dasar pot biasanya menggumpal dan basah.

Bahan pot yang dipakai banyak ragamnya, mulai dari tanah liat, keramik, porselen sampai plastik bahkan kayu. Dalam memilih bahan pot, harus disesuaikan antara sifat bahan dengan sifat tanaman. Sebab hal ini akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanamannya.

Bentuk pot harus dapat disesuaikan dengan bentuk perkembangan tanaman. Ini penting untuk mengusahakan selama mungkin tanaman berada dalam pot tersebut, sehingga kita tidak terlalu direpotkan untuk mengganti dengan pot baru. Untuk itu kita harus memperhitungkan pertambahan ukuran tanaman dari waktu ke waktu. Misalnya saja, pada permulaan tanam antara bentuk pot dengan ukuran tanaman sudah serasi. Untuk waktu berikutnya dapat 1 tahun atau lebih keserasian tersebut tetap ada, bahkan terlihat lebih indah. Tanaman dapat berada dalam pot yang sama lebih lama lagi apabila kita mengetahui teknik memangkas yang benar dan tepat.

 

Tips Memilih Pot untuk Tanaman dari Gaya Hidup

Ada baiknya Anda juga memilih tanaman bukan hanya yang sesuai iklim udara di rumah, melainkan juga gaya hidup Anda. Jika Anda termasuk orang yang sering bepergian dan tergolong sangat sibuk, Anda harus menggunakan tanaman tropis.

Tanaman kaktus, misalnya. Tanaman ini sangat cocok untuk Anda karena hanya membutuhkan sedikit air. Bentuk kaktus pun saat ini sangat beragam dengan warna-warni cantik untuk mendukung tampilan interior rumah Anda.

Berbagai koleksi tanaman sansevieria atau lidah mertua juga bisa dijadikan pilihan. Tanaman ini tahan dalam kondisi sedikit air. Selain mudah dirawat, warna dan bentuk runcingnya yang memikat tentu cocok diletakkan di rumah bergaya modern dan minimalis.

Pot merupakan wadah tanaman yang bisa dijadikan ornamen untuk menciptakan kesan menarik pada tampilan rumah. Dengan penataan yang tepat, pot dengan berbagai tanaman yang cantik akan membuat interior tampil dengan suasana baru.

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh