CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Mendesain Rumah Vernakular Bergaya Bali

Salah satu arsitektur vernakular yaitu gaya vernakular Bali memiliki karakter yang khas. Setiap detail sisi arsitekturnya menonjolkan desain yang menggambarkan kebudayaan Bali dan Hindu. Misalnya saja banyaknya simbol yang terdapat pada rumah-rumah di Bali. 

 

 

Atau contoh lainnya adalah ukiran yang berbentuk flora atau fauna pada perabotrumah dan ornamen rumah.Bisa juga terlihat lewat bangunan rumah modern di Bali yang tak luput dari hiasan-hiasan berbau tradisional khas Bali. Untuk mendesain rumah Bali Anda juga bisa menggunakan payung atau tedung khas Bali untuk menghias rumah Anda yang bergaya vernakular.

Tedung ini selain digunakan sebagai pelindung dari hujan dan teriknya sinar matahari, juga berfungsi sebagai bagian dari prosesi upacara adat dan keagamaan. Nilai magis pada sebuah tedung juga masih sangat kental pasalnya saat dibuat, tak sembarang dibuat, melainkan ada prosesi-prosesi tertentu. Namun seiring berjalannya waktu, saat ini tedung-tedung dibuat tanpa disertai prosesi khusus seperti zaman dulu.

Ornamen lainnya yang sangat berkarakter pada rumah bergaya vernacular Bali adalah lukisan bergaya Bali. Lukisan khas pastinya akan membuat siapa saja yang melihatnya akan langsung teringat dengan Bali. Lukisan bergaya Bali ini umumnya adalah perwakilan budaya Bali. Misalnya adalah lukisan penari kecak, lukisan yang menggambarkan orang asli Bali yang akan pergi ke pura.

Nah, Anda bisa mencoba terapkan desain bergaya vernakular Bali untuk kesan hunian yang menarik. 

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh