Ramadhan Edupaint 2017

CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Lavender , Tanaman Pengusir Nyamuk

Selain menjadi tanaman hias, lavender ternyata juga bisa digunakan untuk  mengusir nyamuk. Coba letakkan lavender di sudut - sudut interior atau masukkan pot berisi lavender ke dalam kamar tidur agar nyamuk tidak datang kembali.

Tanaman Lavender (Lavandula agustifolia) ini berasal dan biasa menghiasi padang rumput di daerah kaki Pegunungan Alpen, Swiss. Lavender adalah sebuah genus yang terdiri dari 25-30 spesies dari tumbuhan bunga dalam keluarga mint, Lamiaceae. Genus ini termasuk tumbuhan menahun, tumbuhan dari jenis rumput-rumputan, semak pendek dan semak kecil.

Kini, tanaman Lavender tersebar dari wilayah selatan Mediterania (pegunungan Alpen) hingga Afrika tropis dan ke timur sampai lndia. Tanaman ini juga menyebar di Kepulauan Kanari, Afrika Utara, Afrika Timur, Eropa selatan, Mediterania, Arabia, serta India. Karena telah ditanam dan dikembangkan di taman-taman di seluruh dunia, tanaman ini sering ditemukan tumbuh liar di luar daerah asalnya.

Perbanyakan Lavender biasanya melalui biji. Biji-biji yang tua dan sehat disemaikan. Apabila sudah tumbuh, dipindahkan ke polybag. Ketika tingginya mencapai 15-20 cm, dapat dipindahkan ke dalam pot atau ditanam di halaman rumah.

Lavender adalah salah satu tanaman pengusir nyamuk yang memiliki aroma tajam. Nyamuk sangat tidak menyukai aroma tajam yang dihasilkan oleh bunga-bunga tumbuhan ini.

Penampilan bunga Lavender  sangat menarik. Berwarna ungu kecil-kecil dan bergerombol diujung tangkai. Tanaman berbunga ungu ini tidak disukai nyamuk karena mengandung zat linalool dan lynalyl acetate. Aroma bunga lavender yang menyenangkan bagi indera penciuman manusia, ternyata memusingkan bagi nyamuk.

Untuk penggunaannya, bagian bunga lavender bisa diremas lalu digosokkan ke bagian tubuh yang tidak tertutup oleh pakaian untuk menghindari gigitan nyamuk. Ekstrasi minyak atsiri dari bunga Lavender telah dikenal sejak lama sebagai bahan baku lotion anti-nyamuk.

Untuk menghalau dan mengusir nyamuk dari hunian kita, sebaiknya tanaman bunga Lavender di tempatkan di dekat pintu-pintu rumah, jendela ventilasi atau lubang-lubang besar lainnya pada rumah.

Penggunaan tumbuhan Lavender dapat menjadi pilihan mengurangi frekwensi penggunaan dan jumlah penggunaan obat anti nyamuk bakar ataupun obat anti nyamuk semprot yang mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan manusia.

 

Add comment


Security code
Refresh