CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Rumah Sehat Dengan Sirkulasi Udara Yang Baik

Sebagian orang terkadang mengabaikan ventilasi untuk mendapatkan udara yang fresh. Padahal pergantian udara yang benar akan membuat rumah lebih sehat. Pastikan tiap ruangan mendapat suplai udara agar kebutuhan oksigen tercukupi, ruangan pun tidak terasa panas.

Berikut ini beberapa tips menjaga sirkulasi udara di rumah kita:

Ventilasi, bisa dengan  membuat ventilasi silang yang berfungsi agar sirkulasi udara atau perputaran angin dalam ruangan bisa berjalan dengan terus menerus tiada henti. Perhatikan juga dan rawatlah lubang ventilasi secara berkala. Untuk tambahan, selain penggunaan AC atau kipas angin, ventilasi aktif lainnya dapat berupa Extractors, Exhaust Fan.

Pasanglah Exhaust Fan pada ruangan yang cukup tinggi sirkulasi udaranya. Exhaust fan dapat pula dipasang di kamar mandi atau pun toilet. Selain untuk mengeluarkan bau kurang sedap dari dalam kamar mandi, penempatan tersebut diparcayai mampu mempercepat masuknya udara segar dari luar.

Jendela, ukuran serta jenis kaca jendela juga berpengaruh terhadap sirkulasi udara. Sesuaikan ukuran ruangan dengan ukuran jendelanya. Selain terkait dengan estetika, ukuran jendela saat terbuka juga akan mendukung lancarnya aliran udara yang masuk. Kaca jendela juga berpengaruh, misal kaca yang bening akan memudahkan masuknya panas matahari ke dalam ruangan, sebaliknya dengan kaca gelap. Buka jendela di pagi dan siang hari untuk lebih menghangatkan ruangan dengan udara dan cahaya alami. Nantinya udara ini mencegah lembab di sore dan malam hari.

AC dan Kipas Angin, jika Anda memakai AC atau kipas angin untuk ruangan atau kamar, pastikan perawatan kebersihannya. Bersihkan filter AC dan bilah kipas angin secara berkala untuk menjaga kebersihan udara yang dialirkannya. Kipas angin dapat digunakan untuk mengalirkan udara dengan lebih cepat. Tempatkan kipas di dekat jendela atau pintu yang terbuka untuk mengalirkan udara masuk atau keluar ruangan. Saat AC beroperasi jangan lupa menutup pintu kamar-kamar atau ruangan yang tidak dipakai. Karena luas ruangan berpengaruh pada kinerja AC.

Add comment


Security code
Refresh