CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Uniknya Koleksi Tanaman Kekinian Kokedama

Jepang adalah Negara yang terkenal dengan kreativitasnya, salah satu yang sedang trend saat ini adalah tanaman Kokedama. Kokedema merupakan seni menanam tradisional Jepang yang berasal dari kata koke yang berarti lumut dan dama yang berarti bola. Jadi, Kokedema adalah teknik menanam dengan lumut berbentuk bola sebagai media tanam. Tanpa pot? Yup, unik kan Sahabat Edupaint?

 

Tanaman Kokedama

Membuat tanaman kokedama

 

Membuat Kokedama ternyata tidak sulit, Berikut bahan-bahan yang perlu Sahabat Edupaint siapkan dan langkah-langkah pembuatannya.

 

Baca Juga: Siasati Ruangan Sempit dengan Konsep Multifungsi

 

Bahan:

  1. Tanaman pilihan. Sebaiknya gunakan tanaman berakar kecil yang tahan di ruangan minim cahaya
  2. Lumut jenis spaghnum atau sheet yang bisa kamu temukan di toko kerajinan tangan
  3. Pupuk kompas untuk bonsai atau kombinasi tanah bonsai dan lumut gambur
  4. Tali atau benang tebal
  5. Mangkuk
  6. Sarung tangan berkebun

 

Langkah-langkah Pembuatan Kokedama:

  1. Ambil tanaman yang akan digunakan, bersihkan akar tanaman dari tanah
  2. Setelah bersih, bungkus akar tanaman dengan gumpalan lumut spaghnum hingga tertutupi seluruhnya, tekan-tekan sedikit agar semuanya bersatu, sisihkan
  3. Ambil mangkuk, tuangkan pupuk kompos atau campuran tanah bonsai dan lumut gambut kering. Tambahkan sedikit air sehingga teksturnya menjadi lembut dan seluruhnya bersatu serta tertempel
  4. Masukkan tanaman ke dalam mangkuk dan selubungi seluruhnya dengan tanah. Angkat tanaman, kemudian bentuk gumpalan menjadi bulat. Ukurannya dapat disesuaikan dengan keinginan.

    Tanaman Kokedama

    Masukan tanaman ke dalam mangkuk

  5. Setelah akar tanaman tertutupi tanah, kembali lapisi bagian tersebut dengan menggunakan beberapa lapisan lumut kering. Akan lebih baik jika memilih jenis lumut sheet untuk proses ini.

    Tanaman Kokedama

    Lapisi dengan lumut kering

  6. Terakhir, gunakan tali yang telah disiapkan lalu lilit gumpalan tanah serta lumut dengan pola yang kamu inginkan. Ikat bagian akhirnya dengan kencang agar bola tanah dan lumut bersatu dengan baik

 

 

Perawatan Kokedama:

Untuk perawatan kokedema, Anda tidak perlu repot. Kokedema adalah gumpalan lumut. Pastikan Anda meletakkannya di ruangan bersuhu sejuk dan mendapatkan cahaya. Ketika gumpalan lumut kering, Anda cukup menyemprotkan air bersih sekitar 10 menit saja.

 

 

Inspirasi Kokedema Sebagai Hiasan Rumah:

 

Tanaman Kokedama

Inspirasi tanaman hias kokedama yang digantung

 
Ternyata kokedema juga bisa dijadikan hiasan interior di rumah loh. Sahabat bisa menggantung kokedema seperti terrarium ataupun tanaman gantung yang menggunakan pot. Pastikan bola lumut diikat dengan rapat.

 

Tanaman Kokedama

Inspirasi tanaman hias kokedama di dalam mangkuk hias

 

Selain bisa digantung seperti terrarium, kokedema dapat Anda simpan di meja dengan menggunakan piring atau mangkuk hias, atau Anda juga dapat menaruhnya di meja dengan cara menggantungnya di kayu berbentuk frame seperti ini.

 

Tanaman Kokedama

Inspirasi tanaman kokedama dengan menggunakan frame

 

 

 

Cat Tembok Sanlex wonder

 

 

Add comment


Security code
Refresh