CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Lampu, Bukan Sekedar Alat Penerangan

Saat ini lampu tidak hanya memiliki fungsi penerangan, tapi juga menambah nilai artistic. Lampu selalu bisa memberikan atmosfer yang berbeda pada hunian, terlebih lagi bila designnya unik. Warna cahaya, tingkat keterangan, dan bentuk wadah lampu itu sendiri mampu memberikan satu nuansa yang berbeda. Ruangan anda bisa terlihat cantik dengan sentuhan cahaya terang atau temaram.

 

Lampu bukan sekedar alat penerangan

Lampu bukan sekedar alat penerangan

 

Menurut Frida Harahap, salah seorang pemilik toko lampu hias interior, kalau kita lihat dari film dan buku, tren lampu hias dimulai dari desain lampu meja, lampu dinding, dan lampu gantung atau semacam chandelier. Sebenarnya lampu hias sudah dikenal sejak zaman listrik belum ada, hanya medianya bukan bohlam melainkan menggunakan lilin. Jadi, kebutuhan akan penerangan yang indah sudah ada sejak listrik belum ada. Memilih lampu hias yang tepat untuk diaplikasikan ke dalam satu ruangan tidaklah mudah.

Untuk itu pikirkan dekorasi yang cocok agar tidak mengacaukan suasana yang diinginkan dari lokasi dekor. Selain dekorasi yang cocok, perhatikan pula fungsi lampu yang akan digunakan seperti untuk pencahayaan umum, pencahayaan khusus dan lampu aksen bagi indoor atau outdoor anda. Nah simak jenis lampu dan fungsinya berikut :

 

Baca Juga: Aksesoris Lampu Gantung Untuk Keindahan Interior

 

INDOOR

  • Lampu Fluorescent

    Adalah jenis lampu yang di dalam tabungnya terdapat sedikit mercury dan gas argon dengan tekanan rendah, serbuk phosphor yang melapisi seluruh permukaan bagian dalam kaca tabung lampu tersebut. Tabung ini mempunyai dua elektroda pada masing-masing ujungnya. Lampu jenis ini termasuk dalam kategori Lampu Hemat Energi (LHE) faktor utamanya yaitu intensitas cahaya yang dikeluarkan lebih tinggi daripada lampu pijar (Incandescent Lamp) dalam hitungan watt yang sama.

     

    Lampu bukan sekedar alat penerangan

    Lampu Fluoroscent mengeluarkan intensitas cahaya yang lebih tinggi daripada lampu pijar


     

    Baca Juga: Percantik Interior Dengan Kehadiran Kap Lampu

     

  • Lampu LED

    Lampu LED terbuat dari plastik mika dan dioda semi-konduktor dapat menyala jika dialiri tegangan listrik rendah (sekitar 1.5 volt DC atau setara dengan aliran batery pada senter) memiliki fungsi untuk menunjukkan status dari perangkat elektronik. Misalnya pada sebuah laptop atau perangkat komputer pasti anda temui lampu LED power dan LED indikator, atau dalam monitor terdapat juga lampu LED power dan power saving dan masih banyak lagi.

     

    Lampu LED

    Lampu LED merupakan lampu yang menyala dengan tegangan listrik rendah sehingga hemat energi


     

    Baca Juga: Memilih Kap Lampu Untuk Kesan Yang Indah

     

OUTDOOR

  • Lampu C7&C9 lights

    Lampu C7 dan C9 adalah untuk proyek-proyek outdoor pohon, halaman dan dekorasi rumah. Mereka menggunakan soket dasar yang menahan lampu, dan mereka dapat menahan hujan dan elemen lainnya. Jika satu bohlam di string lampu C7 atau C9 terbakar, umbi yang tersisa akan tetap menyala. Fitur ini sangat ideal ketika menggunakan lampu untuk menguraikan rumah Anda, ketika Anda tidak bisa atau tidak ingin melepas string lampu.

     

    Lampu bukan sekedar alat penerangan

    Lampu C7&C9 lights digunakan di halaman dan dekorasi rumah maupun proyek outdoor pohon


     

    Baca Juga: Tips Memilih Lampu Yang Sesuai Untuk Rumah Anda

     

  • Lampu String

    Adalah lampu outdoor yang memiliki panjang kabel maksimal 5 m dengan kabel berbahan dasar tembaga dilapisi plastic khusus untuk kabel yang tebal. Lampu ini bisa disambung sehingga membentuk pola dan kepanjangan yang diinginkan.

     

    Lampu String

    Lampu String dengan panjang kabel maksimal 5m

     

     

    Baca Juga: Ornamen Lampu Meja Dukung Keindahan Interior

     

 

Tips Merawat Lampu Hias

Lampu String

Tips merawat lampu hias

  • Perlu diingat, kain kap lampu sangat mudah menyerap debu. Oleh karena itu, sebaiknya kap lampu dibersihkan setiap dua minggu sekali.
  • Bersihkan kap lampu dengan air sabun. Kain kap dibasahi dan disikat dengan sikap berbulu lembut.
  • Jangan pernah merendam kap lampu dalam air sabun karena akan merusak kain.
  • Setelah dicuci, sebaiknya kap lampu dikeringkan secara alami.
  • Hindari pancaran sinar matahari langsung karena dapat merusak kain dan cat pada kayu.
 

 

 

Cat Tembok Sanlex wonder

 

 

Referensi :

 

Add comment


Security code
Refresh