CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Tips Make Over Rumah untuk Sambut Hari Raya

Setiap keluarga memiliki cara uniknya sendiri untuk menyambut Hari Raya yang Fitri. Selain tradisi mudik dan membeli baju baru, sebagian orang memilih untuk memanfaatkan momen lebaran untuk memperbarui penampilan rumahnya. Apakah Sahabat salah satunya?

Tidak perlu bingung dalam menyusun rencana make over rumah, berikut tips yang perlu diperhatikan!

 

Make over rumah saat hari raya

Make over rumah saat hari raya (Source: Freepik.com)

 

Baca Juga: Merenovasi Lantai Untuk Kesan Menarik Saat Lebaran

 

  • Mengecek Kerusakan

    Tips untuk renovasi rumah jelang lebaran yang pertama adalah memeriksa secara detail apa saja yang perlu diperbaiki dan diperbaharui dari rumah kita. Selain mempercantik penampilan rumah, tentunya renovasi juga menjadi kesempatan untuk memperbaiki bagian-bagian rumah yang perlu diperbaiki.

    Contohnya adalah seperti ada atau tidaknya atap yang bocor, instalasi listrik yang rusak, atau adanya tembok rumah yang lembap karena rembes.

    Kerusakan yang terlihat sepele juga terkadang dapat berdampak besar jika tidak ditangani dalam waktu yang lama. Jika semua kerusakan dapat diperbaiki, tentunya akan lebih nyaman juga bagi Sahabat dan keluarga menyambut tamu saat hari raya.

     

  • Membuat 'To Do List'

    Tips kedua adalah membuat daftar yang harus dilakukan. Setelah mengecek ada atau tidaknya kerusakan, Sahabat dapat membuat daftar perbaikan apa saja yang harus dilakukan.

    Setelah langkah perbaikan, Sahabat bisa memasukkan kegiatan renovasi lainnya di daftar selanjutnya seperti mengecat ulang ruang tamu atau menata ulang ruang keluarga.

    Daftar yang lebih terstruktur akan lebih membantu Sahabat untuk mengetahui langkah apa yang sebaiknya dilakukan lebih dulu. Selain itu, daftar tersebut tentu akan lebih memudahkan Sahabat dalam mengestimasi dana dan waktu pengerjaan.

     

  • Membuat Anggaran Dana

    Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat anggaran dana. Daftar pekerjaan yang harus dilakukan telah dibuat, Sahabat dapat mulai membuat daftar bahan apa saja yang perlu dibeli.

    Jika cukup banyak renovasi yang dilakukan, Sahabat dapat berkonsultasi dengan ahli bangunan.

    Selain biaya bahan-bahan yang digunakan. Jangan lupa juga untuk menghitung biaya jasa tukang. Sahabat dapat memilih jasa harian atau borongan. Pilihlah yang lebih ekonomis dan mudah.

     

  • Pilih Waktu yang Tepat

    Waktu pengerjaan bergantung pada seberapa banyak pekerjaan renovasi yang harus dikerjakan. Targetkan pekerjaan harus dapat selesai paling tidak 3 hari sebelum lebaran. Tujuannya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, contohnya seperti perubahan cuaca yang mungkin menghambat renovasi.

    Jika ingin melakukan pengecatan, lakukan paling lambat 1 minggu sebelum hari raya. Hal ini bertujuan agar bau cat sudah menguap dan tidak akan mengganggu tamu yang datang ke rumah Sahabat.

     

  • Menata Ulang daripada Membeli Baru

    Make over rumah saat hari raya

    Menata ulang saat hari raya (Source: Homebnc.com)

    Renovasi atau make over rumah tidak selalu mengharuskan Sahabat untuk mengeluarkan anggaran yang besar. Sahabat juga bisa memilih untuk sekedar mengecat dan menata ulang ruang tamu agar terlihat baru.

    Pilihlah dekorasi dengan suasana yang netral sehingga dekorasi tersebut masih dapat terpakai meskipun lebaran telah usai.

     

 

Cat Tembok Sanlex 6000

Add comment


Security code
Refresh