CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Memilih Desain Pintu Yang Tepat

alt

Pintu merupakan elemen terpenting dalam rumah. Memilih dan menentukan pintu rumah adalah hal yang tidak bisa dianggap remeh dalam membuat sebuah rumah, banyak hal yang bisa menjadi pertimbangan kita. Misalnya saja desain dari pintu yang akan digunakan.

Berikut adalah tips yang bisa dijadikan panduan ketika akan memilih sebuah pintu untuk rumah:

  • Bahan pintu, ini sangat penting pada pembuatan pintu, yaitu bahan untuk pintu seperti kayu. Kayu mempunyai karakteristik berbeda dari segi tekstur, kelenturan serta kekerasan kayu. Dan yang tidak boleh dikesampingkan yaitu kayu sudah kering/oven. Kayu sangat artistik dan menarik dari keindahan teksturnya. Setiap kayu mempunyai tekstur yang berbeda seperti jati, mempunyai motif tekstur yang indah dan kuat serta awet, begitu juga dengan kayu yang lain. Kayu menentukan finishing akhir pada pintu, apabila menggunakan cat transparan  seperti politure dan melamik.
  • Daya tahan, pastikanlah Anda memilih jenis serta bahan yang tepat. Jangan pilih yang terlalu tipis dan gampang berubah warna oleh cuaca, terutama untuk pintu utama maupun pintu eksterior.
  • Tampilan,pastikan corak dan motif serta warna pintu rumah cocok dengan konsep desain rumah itu sendiri. Misalnya Anda memilih desain rumah klasik lalu diberikan pintu minimalis modern, tentunya ini akan terlihat tidak cocok.  Misalnya, bila konsep rumah dengan gaya etnik, bisa menggunakan pintu berukir sebagai pintu utama rumah Anda.

alt

  • Safetyatau keamanan, pintu merupakan sarana kita untuk masuk dan keluarrumah. Dimanadi rumah kita menyimpan berbagai barang yang berharga. Untuk menjaga barang pada rumah dibutuhkan pintu yang cukup untuk membentengi rumah kita dari tangan-tangan jahil, maka pintu harus didesain sesuai dengan keamanan untuk rumah. Misalkan,pintu depan rumah menggunakan pintu texwood atau triplek itu kurang aman, dan gampang untuk dijebol, berbeda dengan pintu dari kayu solid yang mempunyai kekuatan dan keamanan yang terjamin. Disamping itu dari segi desain pintu juga bisa menjadi faktor keamanan, apabila pintunya panel solid dan dikombinasi dengan berbagai aksesoris seperti kaca, itu juga  kurang aman. Untuk menunjang keamanan diperlukan kunci yang kuat dan awet dan tidak mudah untuk dijebol oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
  • Kedap suara,selain menjaga keamanan, pintu luar sebisa mungkin bisa menjadi peredam suara bising dari jalanan. Memang dalam hal akustik ini, dinding lebih memiliki tugas, tapi pintu haruslah ikut mendukung jika Anda ingin meredam suara bising dari luar atau dari ruangan tertentu. Demikian juga halnya dengan pintu kamar. Sebaiknya dipilih bahan pintu rumah yang kedap suara untuk menjaga privasi dari penghuni kamar tersebut.
  • Mendukung sirkulasi udara antar ruangan, sebaiknya penempatan pintu rumah disesuaikan arah dengan sirkulasi udara agar udara dapat mengalir dari luar ke dalam rumah, juga sebaliknya. Bila Anda ingin cahaya alami ke sebuah ruangan (terutama pada pintu luar), pintu berelemen kaca menjadi pilihan tepat. Anda bisa menambahkan gorden untuk memperindah pintu tersebut sekaligus berfungsi untuk meredam panasnya sinar matahari dari luar.

Selamat memilih desain pintu rumah!!!

Add comment


Security code
Refresh