CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Angpao Tradisi Imlek

Pada perayaan Imlek, tradisi seseorang yang telah menikah memberikan angpao yang berisi uang kepada orang yang lebih muda dan belum menikah. Soal jumlah, hal ini tergantung pada kemampuan dan kerelaan dari sang pemberi.

alt

Angpao adalah bingkisan dalam amplop merah yang biasanya berisikan sejumlah uang sebagai hadiah menyambut tahun baru Imlek. Namun angpaosebenarnya bukan hanya diberikan pada saatperayaan tahun baru Imlek.Karena angpaomelambangkan kegembiraan dan semangat yang akan membawa nasib baik, sehingga angpaojuga ada di dalam beberapa perhelatan penting seperti pernikahan, ulang tahun, masuk rumah baru dan perayaan lain yang bersifat suka cita.

Jumlah uang yang ada dalam sebuah amplop angpaobervariasi. Untuk perhelatan yang bersifat suka cita biasanya besarnya dalam angka genap, angka ganjil untuk kematian. Oleh karena angka 4 terasosiasi dengan ketidak beruntungan(pelafalan angka 4 bisa berarti "mati"), maka jumlah uang dalam amplop angpaotidak berisi 4. Walaupun demikian, angka 8 terasosiasi untuk keberuntungan (pelafalan angka 8 berarti "kekayaan"). Makanya jumlah uang dalam amplop angpaoseringkali merupakan kelipatan 8.

alt

Sedangkan angpao sendiri memiliki makna filosofi transfer kesejahteraan atau energi. Transfer kesejahteraan dari orang mampu ke tidak mampu, dari orangtua ke anak-anak, dari anak-anak yang sudah menikah ke orangtua.

Add comment


Security code
Refresh