CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Rawat Karpet Agar Tahan Lama dan Tetap Menarik

Karpet merupakan salah satu ornamen yang tak hanya mampu membuat interior terlihat menarik, tetapi juga memberi rasa nyaman. Sehingga, karpet perlu diperhatikan perawatannya agar tampil maksimal dan tetap bersih serta menarik. 

alt

  • Cucilah karpet tiap enam bulan sekali, gunakanlah deterjen khusus. Aktifitas ini memang memerlukan tempat yang luas dan agak merepotkan terutama saat menjemur. Tapi tenang saja, kita bisa menggunakan jasa pencucian karpet.
  • Untuk menyiasati agar warna karpet yang terinjak bisa merata, maka perlu dilakukan perubahan posisi karpet. Lakukanlah perubahan posisi karpet, minimal 2 - 3 bulan sekali.
  • Ancaman lain adalah serangan noda, terutama noda es krim. Bila karpet terlanjur terkenanoda, bisa menggunakan alkohol. Caranya basahi kain atau lap kering dengan alkohol lalu tekan kain secara perlahan pada karpet yang terkena noda es krim. Saat menekan kain lap supaya hati-hati jangan sampai alkohol menembus bagian belakang karpet yang bahannya dari karet.
  • Setelah itu, tuangkan sedikit air yang dicampur dengan deterjen pada bagian karpet yang terkena eskrim sambil dilap dengan cara ditekan. Lakukanlah beberapa kali pemberian larutan air yang dicampur deterjen tadi lalu bilaslah dengan air hingga bersih. Terakhir keringkanlah karpet dengan kain kering.
  • Apabila warna karpet memudar, cobalah kembalikan warnanya dengan menaburi garam dapur sebanyak mungkin dan diamkan sekitar satu jam. Selanjutnya bersihkan dengan penghisap debu.
  • Setiap dua atau tiga bulan, karpet harus dijemur selama setidaknya tiga  atau empat jam. Sebaiknya bagian bawah karpet lebih dulu dijemur, karena di bagian ini sering terdapat endapan air. Setelah itu jemur bagian atasnya, namun jangan terlalu lama, karena warna karpet bisa memudar.

Cara tersebut bisa Anda coba untuk merawat karpet di rumah Anda.

Add comment


Security code
Refresh