CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Eklektik Lambang Kebebasan Ekspresi Dalam Desain Arsitektur

Desain arsitektur eklektik merupakan percampuran beberapa gaya desain dari beberapa periode waktu dan tempat yang berbeda dan dipadukan menjadi satu. Gaya klasik, modern, kontemporer, tradisional, semuanya bisa digabungkan dalam satu ruangan.

Di bawah ini beberapa hal tentang desain eklektik:

Elemen penghubung,

Cara yang paling mudah untuk memadukan dua gaya yang berbeda adalah dengan memberikan penghubung antar kedua gaya tersebut. Misalnya pada interior ruang yang berkonsep modern dan simple lalu kita ingin memasukkan sebuah meja di pojok ruangan yang bergaya etnik maka agar lebih menyatu, beri warna senada dengan meja etnik tersebut di beberapa bagian seperti pada bantal sofa ataupun elemen lainnya. Selain warna masih banyak elemen lain yang dapat digunakan sebagai elemen penghubung antara lain bentuk, bahan, tekstur atau apapun.

Cari karakteristik langgam yang bisa dipadukan

Kembali pada contoh diatas, pada ruang yang berkonsep modern dan simple lalu kita ingin memasukkan sebuah meja di pojok ruangan yang bergaya etnik maka pilihlah meja yang tidak terlalu banyak detil agar lebih menyatu dengan konsep ruang yang simple. Hal ini bertujuan agar kedua gaya tersebut tidak saling “bertabrakan” ataupun saling berdiri sendiri. Tetapi bisa juga Anda memadukannya dengan furniture yang banyak detil jika ruang anda terkesan kosong, buat furniture tersebut menjadi sebuah elemen “kejutan” apabila ada yang masuk ruangan tersebut tetapi tetap gunakan elemen penghubung untuk memadukannya. Jangan gunakan pada banyak ruang cukup di satu ruang saja karena dapat menimbulkan kesemrawutan.

Point of interest serta elemen pendukungnya

Dalam menggabungkan beberapa gaya tidak harus kita aplikasikan pada keseluruhan bangunan atau ruang. Pilihlah langgam mana yang lebih ditonjolkan dan langgam mana yang berfungsi sebagai elemen pendukungnya sehingga kedua gaya ini akan lebih menyatu. Dalam konsep eklektik kita tidak bicara mengenai percampuran beberapa langgam tetapi lebih pada perpaduan dengan satu cita rasa yang baik sehingga tetap indah.

Ada yang menyukai gaya desain eklektik karena melambangkan kebebasan bagi pemiliknya untuk mengekspresikan apa yang menjadi keinginan pribadinya.

Add comment


Security code
Refresh