CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Apa Ya Arti Kata ‘Vintage’?

Kata ‘vintage’ sebenarnya tak ada hubungannya dengan hal-hal kuno. Kata ini digunakan untuk merujuk pada tahun dimana anggur akan dipanen. Kata ini berasal dari bahasa latin ‘vinum’ yang bermakna ‘wine’ atau minuman hasil fermentasi anggur. Para petani anggur kerap menggunakan kata ini, terutama ketika akan memanen anggur di kebun anggur.

Arti vintage

Namun, saat ini orang-orang menggunakan kata vintage untuk merujuk pada minat hal-hal kuno yang memiliki kualitas baik dan diakui secara luas. Kata vintage ini juga bisa digunakan sebagai kata benda atau kata sifat. Sebagai kata sifat, maka kata benda yang berlabel vintage diasosiakan dengan sesuatu yang semakin bermakna karena model atau usianya yang lama. Sehingga, semakin tua usia benda tersebut, maka akan semakin baik dan tinggi nilai estetikanya

Vintage diidentikkan sebagai sesuatu yang bergaya tua atau sesuatu yang memberi kesan lampau. Tidak semua yang berbau zaman dahulu itu vintage. Gaya jadul bisa juga dikategorikan sebagai antik, tergantung waktu dan karakteristik zaman dulunya. Jika benda zaman dulu yang dikategorikan antik adalah benda yang usianya lebih dari 100 tahun, benda yang bisa dikategorikan vintage adalah benda yang usianya tidak kurang dari 20 tahun tetapi tidak lebih dari 100 tahun.  Jadi suatu benda yang belum berumur 20 tahun belum dapat dikategorikan sebagai vintage.

Selain berdasarkan umur, benda dapat dikatakan vintage jika memiliki karakteristik gaya yang kira-kira berasal dari tahun 1910-1990.  Langgam atau gaya yang ada di periode tersebut contohnya adalah art deco, art noveau, dan sebagainya. Karakter dari furnitur vintage itu sendiri biasanya berkesan pudar dan usang dengan didominasi warna hijau serta menghadirkan nuansa dingin dan kuno.

Ya, salah satu barang yang kerap mendapat label ‘vintage’ adalah furnitur. Biasanya, istilah itu untuk merujuk kepada furnitur dengan model dan tampilan yang sedikit usang, namun justru disitulah letak nilai estetiknya. Bahkan, karena bentuk dan tampilannya yang sudah kuno inilah yang mungkin menjadikan banyak orang menyukai vintage furnitur.

 

Cat Tembok Sanlex Wonder

Add comment


Security code
Refresh