CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Tips Membuat Tangga Pada Rumah

Untuk rumah yang memiliki lantai lebih dari satu, tangga merupakan bagian yang penting. Tangga akan menjadi sarana mobilitas vertikal dari lantai satu ke lantai yang lain. Tak hanya itu, lantai juga merupakan elemen rumah yang menunjang kesan yang nyaman pada hunian.

Saat membuat tangga pastikan bentuk dan ukuran tangga sesuai sehingga mampu memberi rasa nyaman. Ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan ketika membuat tangga, apa saja? Lihat di bawah ini:

· Mempunyai struktur yang kuat, tidak retak atau roboh sehingga ketika berjalan diatasnya tidak timbul rasa takut karena membayangkan bahaya keruntuhan tangga.

· Lebar minimal tangga menyesuaikan lebar badan maksimal orang yang akan melintasi tangga tersebut, rata-rata orang dewasa di Indonesia mempunyai lebar badan 60 cm jadi untuk rumah tinggal bisa membuat tangga dengan lebar minimal 80 cm, tambahan 20 cm untuk ruang kosong.

· Lebar anak tangga dibuat sekitar 30 cm, hal ini menyesuikan lebar langkah orang dewasa rata-rata 60 cm.

· Tinggi anak tangga dibuat sekitar 12cm - 16 cm , maksimal 20 cm agar tidak cepat lelah pada saat naik turun tangga.

· Pada sisi datar bagian sudut diberi step nossing dengan bahan keramik bergaris atau material tekstur kasar sehingga tidak menyebabkan terpeleset.

· Bentuk tangga dapat dimodifikasi sesuai selera namun tetap mempertimbangkan syarat nyaman.

· Warna ruang tangga menyesuikan nilai arsitektur yang hendak ditampilkan.

· Jika jarak antar lantai terlalu tinggi maka harus mempunyai anak tangga lebar yang berfungsi sebagai tempat istirahat saat berjalan, bagian ini sering disebut sebagai bordes.

Selamat membuat tangga !!!

Add comment


Security code
Refresh