Agustusan Edupaint 2017

CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Inspirasi Desain Mushola Di Rumah

Saat ini banyak pemilik rumah yang memiliki mushola di dalam rumahnya sebagai tempat beribadah yang dapat meningkatkan keimanan penghuni rumah. Ruang mushola pada dasarnya sebuah ruang yang menghadap kiblat.

Karena itu perlu dipertimbangkan letak pintu, arah kiblat dan ukuran panjang serta lebar ruangan agar nyaman saat beribadah. Nah, berikut ini ada beberapa inspirasi desain mushola di rumah:

· Mushola skylight, skylight tak selalu ditempatkan di ruang utama. Untuk mushola Anda bisa menggunakan plafond berupa skylight berbentuk bulat. Skylight memberi nuansa lain pada mushola. Selain karena cahaya alami masuk menerangi, Anda pun bisa melihat langit sewaktu duduk di dalamnya.

· Mushola gantung, Anda bisa menempatkan mushola di lantai dua rumah. Desainnya lebih menyerupai teras yang dipagari kayu. Ruangan mushola berbentuk terbuka tanpa pintu dan tanpa dinding pembatas. Ini agar udara tetap mengalir vertikal dari atas ke bawah atau sebaliknya. Anda bisa membuat lantai mushola lebih rendah sekitar 30 sentimeter dibanding lantai ruang lainnya. Perbedaan tinggi lantai ini untuk mempertegas fungsi ruang. Dilihat dari lantai satu, mushola ini terlihat menggantung.

· Mushola panggung, Anda bisa membuat mushola di dalam rumah dengan memanfaatkan ruang yang tak terpakai. Buka sekat ruangan itu dan jadikan sebagai ruang terbuka. Untuk membedakan dengan ruang lainnya, tinggikan lantai sekitar 30 hingga 40 sentimeter, dan beri karpet tebal. Letakkan lemari kecil di sudut ruangan untuk meletakkan peralatan shalat atau buku-buku agama.

Jangan lupa beri penerangan yang memadai sesuai dengan luas mushola. Untuk memperindah Anda bisa meletakkan lukisan kaligrafi di dinding mushola.

 

Add comment


Security code
Refresh