CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Beberapa Hal Untuk Kenyamanan Di Ruang Kerja

Kenyamanan di ruang kerja menjadi hal penting yang dapat mempengaruhi kinerja. Karenanya, saat akan mendesain ruang kerja Anda perlu lakukan dengan cermat. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, diantaranya yaitu: 

 

 

Pencahayaan ruangan, pencahayaan adalah faktor yang paling penting bagi pekerja agar tetap fokus dan memberikan inspirasi. Sedangkan pencahayaan yang buruk dapat menyebabkan kelelahan, kerusakan pada mata, kepala pusing dan iritasi. Ruang gelap atau remang juga bahkan bisa menyebabkan depresi pada pekerja. Untuk Anda yang bekerja dari rumah sebaiknya bukalah jendela atau pintu dan biarkan cahaya masuk. Gunakan lampu dengan dua fungsi yang berbeda,satu ketika cuaca berawan atau ketika gelap.

Bentuk meja kerja, Robert Propst mendesain ruang kerja dengan bentuk kubik atau bilik pada tahun 1960-an. Awalnya dirancang untuk menyelamatkan kita dari bentuk desain kantor lama di pra-1960 (di mana semua meja berbaris dan menghadap ke arah yang sama seperti ruangan di sekolah). Sayangnya bentuk bilik kerja ini justru membuat pekerja paling tidak bahagia.

Untuk Anda yang berkerja dari rumah, akan menjadi lebih nyaman dan konsentrasi jika Anda memiliki ruang kerja sendiri di rumah. Hal ini membantu Anda jauh dari keributan, kebisingan dan godaan lain seperti televisi.

Warna ruangan, warna memiliki efek yang kuat terhadap suasana hati dan kerja otak. Selain itu warna juga bisa membangkitkan respon fisik dan emosi. Jadi mendesain ruang kerja dengan penuh warna (colourful) sangat berguna untuk merangsang produktivitas kerja. Untuk Anda yang berkerja di rumah, memiliki ruang kerja pribadi di rumah justru lebih membebaskan Anda untuk berekreasi. Pertimbangkan untuk mengubah warna dinding ruang kerja dengan warna-warna yang cerah ceria, atau menggantungkan poster besar dengan dominasi warna cerah tertentu.

Pemandangan ruang kerja yang alami, jika Anda bekerja di rumah biarkan jendela ruangan terbuka agar udara segar masuk. Jika Anda tidak memiliki jendela, maka pasanglah gambar-gambar panorama yang sejuk dan asri di dinding ruang kerja atau lengkapi pula ruangan dengan beberapa tanaman-tanaman hijau kecil di sekitar meja kerja.

 

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh