CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Konsep Rumah Modern dan Klasik

Konsep modern dan klasik adalah dua gaya yang berbeda, masing-masing memiliki keunikan dan ciri khas untuk menonjolkan konsep utama dalam hunian. Desain klasik umumnya cenderung rumit dengan adanya banyak ornamen. 

 

 

Biasanya dimiliki oleh penghuni rumah yang fanatik dan cenderung suka dengan arsitektur klasik yang penuh hiasan. Sementara, gaya modern cenderung didominasi bentuk geometris yang tidak banyak hiasan, bahkan tanpa hiasan atau ornamen sama sekali. Meskipun dua desain ini berbeda prinsip, tak ada yang salah juga jika Anda ingin menggabungkan keduanya, asalkan tidak merusak estetika bangunan.

Biasanya penghuni rumah yang membangun rumah dengan memadukan dua konsep ini dilatarbelakangi kesukaannya pada kedua gaya tersebut. Karena alasan tersebut, konsep bangunan yang digunakan pada gaya hunian seperti ini sudah tentu jauh berbeda. Hal itu karena konsep desain klasik modern merupakan penyederhanaan gaya arsitektur klasik dengan perpaduan gaya arsitektur modern.

Selanjutnya, penyederhanaan yang dimaksud, misalnya pada gaya klasik, berarti menghilangkan banyak unsur dekorasi yang terlihat berat, seperti kolom Corinthian atau Ionic yang biasanya ada pada desain klasik. Sementara, penyederhanaan unsur gaya klasik lainnya, tampak pada penggunaan lis profil yang tidak lagi sangat rumit tapi simpel. Seperti menggunakan satu lis tebal saja.

Pada fasadebangunannya, ciri bangunannya bisa merupakan perpaduan dari gaya klasik yang rumit dan gaya modern yang simpel. Keduanya saling menekan dan menetralkan sehingga muncul gaya arsitektur yang tidak terlalu rumit dan tidak terlalu sederhana. Untuk ciri bangunan klasik yang tetap ada pada perpaduan konsep ini yaitu memiliki unsur rupa yang sering terlihat pada gaya klasik seperti pilar, balkon, tympanum berbentuk segitiga atau setengah lingkaran di atas pilar-pilar.

Namun, tetap dalam bentuk yang sudah sangat disederhanakan.

 

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh