Ramadhan Edupaint 2017

CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Konsep Bangunan Eco-Green

Konsep eco-green harus diterapkan secara komprehensif pada desain rumah sejak pra konstruksi, konstruksi, dan pasca konstruksi untuk hasil yang maksimal. Salah satu yang perlu diterapkan pada konsep eco-green adalah penggunaan energi seminimal mungkin. 

 

 

Mewujudkan konsep green living ini dapat dilakukan dengan dua pendekatan, yaitu pemilihan material bangunan dan pemilihan desain rumah. Untuk bangunan baru, dua pendekatan ini lebih mudah diterapkan. Material bangunan berupa bahan-bahan alami yang bersumber dari daerah lokal, pemilihan cat yang ramah lingkungan, memilih alat-alat hemat listrik, misal lampu LED atau T5.

Untuk desain rumah yang terpenting pada efektifitas model rumah dengan  melihat lokasi sinar matahari dan angin untuk memanfaatkan energi alam. Selanjutnya,desain rumah akan dirancang dengan memaksimalkan material, pandangan, dan ventilasi. Pengaturan pencahayaan merupakan poin utama karena dengan memaksimalkan pencahayaan alami akan menghemat energi listrik. Begitupun dengan pengaturan ventilasi untuk mengurangi penggunaan mesin penyejuk ruangan. Sehingga setiap bangunan dapat memanas atau mendinginkan rumah secara otomatis.

Selain pencahayaan dan ventilasi masih ada tips desain rumah lain untuk model rumah eco-green ini seperti memodifikasi pagar rumah yang semula desain beton menjadi pagar hidup. Pagar hidup ini tidak harus rumput tapi juga bisa berupa tanaman sayur atau buah merambat. Selain itu jika ingin membuat kanopi untuk kebun juga dapat diganti dengan tanaman anggur atau pohon jenis daun lebar dan rindang.

Sementara untuk bangunan yang sudah jadi (existing building), desain rumah dapat menggunakan pendekatan ekonomi dan bisnis, seperti penggantian interior dan peralatan rumah tangga yang ramah lingkungan dan hemat energi. Seperti penggantian lampu ke jenis LED, televisi ke jenis LCD, tempat sampah non-organik ke tempat sampah kompos.

 

 

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh