CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Unsur-Unsur Dalam Membangun Rumah Eco Green

Berikut adalah unsur atau hal-hal yang mesti diperhatikan dalam merencanakan atau membangun rumah eco green yang pro lingkungan.

 

 

Penggunaan berbagai sumber daya, seperti energi, air, maupun lahan harus memperhatikan prinsip efisiensi dan hemat. Penggunaan sumber daya ini tidak hanya pada konsumsinya yang harus hemat, namun juga pada perencanaan denah yang efisien, termasuk ketersediaan halaman rumah untuk taman dengan berbagai fungsinya.

Posisi dan pembagian ruangan juga harus dirancang secara efisien dan memperhatikan aliran udara agar memberikan sirkulasi yang optimal. Begitu juga aspek pencahayaan harus diperhitungkan dengan cermat agar saat siang rumah tak perlu menggunakan penerangan listrik.

Faktor kekuatan bangunan juga harus diperhitungkan terhadap berbagai faktor kemungkinan, seperti tanah yang digunakan, kekuatan fondasi, kemungkinan getaran akibat gempa ataupun kebisingan lingkungan di sekitarnya juga harus diperhatikan. Kekuatan bangunan ini dilakukan baik terhadap konstruksinya maupun bahan-bahan material yang digunakan juga mesti benar.

Satu hal penting lainnya terkait konsep rumah eco green atau eco design adalah pada factor pemeliharaannya. Sebuah hunian yang ramah lingkungan harus memperhatikan bahwa rumah dibangun untuk waktu dan daya tahan tak hanya 10 atau 50 tahun namun juga selama mungkin. Pun begitu untuk perawatannya mesti diperhitungkan agar tidak mengalami kerepotan nantinya.

 

 

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh