CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Gunaan Material Dinding Batako Agar Lebih Hemat

Penggunaan material batako terbukti lebih hemat biaya dari bata merah, karena bisa menghemat plasteran, jumlah pemakaian adukan semen sehingga harga dinding terpasang per meter persegi berkurang. Dari sisi berat materi terpasang, pemasangan batako bisa mengurangi berat beban dinding dan lebih ringan sehingga dimensi konstruksi bangunan untuk sloof, ring balk dan tiang penyanggga menjadi relatif lebih kecil.

 

 

Batako merupakan bahan bangunan yang berfungsi sebagi pengisi bidang dinding atau bidang vertikal lainnya. Batako berupa bebatuan persegi yang proses pengerasannya tidak dibakar, dengan bahan pembentuk berupa campuran pasir, semen, air dan dalam pembuatannya ditambahkan dengan jerami sebagai bahan pengisi antara campuran tersebut.

Agar batako lebih kokoh, bisa dengan mencampur material dasar batako dengan abu ampas tebu. Penambahan bahan ini terbukti memberi hasil akhir yang lebih kuat, ringan, dan tahan lebih lama dari kondisi agresif. Dari segi harganya  pun lebih murah.

 

Secara fisik , batako memiliki rongga kosong di bagian dalamnya. Rongga kosong ini berfungsi sebagai insulasi panas, juga sebagai insulasi suara. Hal ini menciptakan kondisi dalam ruangan yang menggunakan materi batako terasa relatif lebih sejuk dan lebih tenang.

Kekurangan dari batako adalah bagian dalamnya berongga kosong yang berakibat membuat dinding rumah tidak bisa dipaku untuk menggantung hiasan dinding, seperti frame foto dan lukisan. Kekurangan ini yang membuat banyak orang kurang suka menggunakan batako sebagai material dinding rumahnya.

Namun , kendala tersebut dapat diatasi dengan penggunaan penggantung yang bersifat suction-cup hooks dan strong-adhesive hooks yang berdaya rekat tinggi. Penggantung multi-adhesive ini memiliki sifat pemasangan dan pelepasan yang relatif mudah.

 

    

Namun, batako akan terlihat menarik dan cocok jika digunakan sebagai dinding ekspose pada rumah bertema tradisional dan bertema natural / alami. Pemasangan batako ekspose mengurangi biaya bahan dan biaya pengerjaan untuk pekerjaan plasteran dan pengacian dinding. Terasa lebih hemat bukan ?

 

 

Add comment


Security code
Refresh