CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Bahan Bangunan Dinding Bata

Batu bata adalah bahan bangunan yang telah lama dikenal dan dipakai oleh masyarakat baik di pedesaan maupun di perkotaan yang berfungsi untuk bahan bangunan konstruksi. Dinding bata merupakan dinding yang paling lazim digunakan dalam pembangunan gedung baik perumahan sederhana sampai pembangunan gedung-gedung yang ukurannya besar. Karena itu pasangan batu bata memiliki seni tersendiri dalam sistem pemasangannya dalam konstruksi dinding

alt

Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pabrik batu bata yang dibangun masyarakat untuk memproduksi batu bata.. Batu bata umumnya dalam konstruksi bangunan memiliki fungsi sebagai bahan non-struktural, di samping berfungsi sebagai struktural. Sebagai fungsi struktural, batu bata dipakai sebagai penyangga atau pemikul beban yang ada diatasnya , seperti pada konstruksi bangunan sederhana dan rumah sederhana.

Batu merah dibuat dengan menggunakan tanah liat, yang sudah dicampur dengan sekam padi dan kotoran binatang, kemudian direndam dengan air ini beberapa waktu lamanya. Campuran itu direndam selama satu hari satu malam dengan kondisi yang sudah bersih dari batu-batu kerikil ataupun bersih dari bahan lain yang dapat menjadikan kualitasnya jelek. Kemudian dicetak dengan menggunakan cetakan dari kayu, bisa juga digunakan cetakan dari baja. Untuk mempermudah lepasnya batu merah yang dicetak, maka bingkai cetakan dibuat lebih besar sedikit ke bawah dan dibasahi dengan air.

Sebelum munculnya tungku-tungku modern, bata paling sering dibakar dengan cara menumpuknya dalam jajaran longgar yang disebut sebagai tungku bata-lapangan dengan tanah atau lempung, menyalakan api di bawah jajaran tersebut, dan mempertahankan api itu selama beberapa hari. Setelah mendingin, tungku bata-lapangan itu dibongkar dan batanya dipilih sesuai dengan derajat pembakaran yang telah dialaminya.

alt

Batu Bata sering kali dicetak sesuai pesanan untuk kegunaan tertentu. Ciri-ciri batu merah yang baik ialah :

1. Permukaannya kasar.

2. Warnanya merah seragam (merata).

3. Jika dipukul berbunyi nyaring.

4. Tidak mudah hancur atau patah.

Kelebihan menggunakan dinding batu bata adalah pemasangan relatif lebih cepat , tidak membutuhkan waktu lama dan proses yang rumit. Juga tembok pasangan batu bata relatif kuat untuk di paku dan digantung oleh benda-benda berbeban ringan. Sedangkan kekurangan dinding batu bata ini adalah mudah menyerap air sehingga sering memyebabkan tembok menjadi lembab dan dalam pengerjaan yang tidak sesuai bisa menimbulkan keretakan atau retak rambut.

Untuk proses finishing tahap akhir , pasangan batu bata dapat dibiarkan terekspose telanjang apa adanya, atau diberi plasteran kasar atau di-caprut. Yang umum dilakukan adalah pasangan batu bata tersebut di-plaster dan di-aci halus, untuk kemudian diberikan cat dasar dan akhirnya ditutup dengan cat tembok.

Add comment


Security code
Refresh