CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Material Untuk Membuat Tangga

 Tangga tak hanya harus indah dan mampu memberi kesan nyaman. kuatnya sebuah tangga juga menjadi unsur yang sangat penting. Karena itu, tangga harus dibuat dari material yang kuat saat menjadi pijakan dan dilalui orang. Beberapa material pilihan untuk tangga diantaranya yaitu kayu, baja, beton, dan batu.

 

TANGGA KAYU - konstruksi tangga kayu banyak digunakan dan biasanya terdapat pada bangunan sederhana dan semi permanen. Orang menggunakan material kayu sebagai bahan pembuatan tangga, biasanya karena pertimbangan bobotnya yang ringan, mudah didapat, serta dapat memberi nilai estetika tinggi bila didesain dengan profil yang modern dan bila finishingnya dilakukan dengan rapi. Namun tangga kayu memiliki kelemahan, antara lain karena ia tidak dapat dilalui oleh beban yang terlalu berat. Tangga kayu biasanya juga tidak terlalu lebar dan kurang awet. Konstruksi tangga kayu tidak cocok ditempatkan di ruang terbuka, karena kayu mudah lapuk jika terkena panas dan cahaya.

 

TANGGA BAJA, konstruksi tangga baja biasanya digunakan pada bangunan yang sebagian besar komponen-komponen strukturnya terdiri atas material baja. Tangga ini digunakan pada bangunan semi permanen seperti bangunan pabrik, bengkel, gudang, dan lain-lain. Tangga ini kurang cocok untuk bangunan dekat pantai, karena pengaruh garam akan mempercepat proses karat. Selain itu, tangga juga tidak cocok untuk ditempatkan di ruang terbuka, karena akan menambah biaya perawatan.

 

TANGGA BETON - konstruksi tangga beton biasanya banyak diterapkan pada bangunan bertingkat 2 atau lebih. Tangga beton terkenal kuat dan biasanya dipasang permanen pada perkantoran, rumah tinggal, atau pertokoan. Penutup atas tangga beton bisa dari bahan keramik, granit ataupun marmer.

 

TANGGA BATU / BATA , konstruksi tangga batu / bata sudah mulai jarang digunakan, karena dianggap ketinggalan zaman dari segi bentuk, kekuatan, efisiensi pembuatan, dan ketersediaan ruangnya. Namun material batu masih lazim digunakan sebagai tangga eksterior di taman-taman maupun di daerah perkebunan agro wisata.

 

Add comment


Security code
Refresh