Cara Cerdas Menata Laundry Room

Cara Cerdas Menata Laundry Room

Ketika mendesain rumah, biasanya posisi ruangan yang paling dipertimbangkan adalah kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi, dan juga ruang keluarga. Lahan rumah yang kecil sering kali membuat kita mengabaikan keberadaan laundry room atau ruang cuci di rumah. Padahal mencuci sendiri merupakan salah satu kegiatan penting yang dilakukan secara rutin di rumah.

Menempatkan mesin cuci secara sembarangan di rumah justru dapat mempersulit kegiatan mencuci dan bisa membuat rumah menjadi terlihat berantakan. Nah, sebelum menentukan di mana tempat yang paling baik untuk mencuci, simak beberapa inspirasi desain laundry room berikut ini, yuk!

Baca Juga: Ruang Cuci Multifungsi Di Rumah Berukuran Sempit

  • Laundry Room di Kamar Mandi

    Desain Laundry Room

    Laundry Room di Kamar Mandi

    Menempatkan mesin cuci di kamar mandi? Kenapa tidak! Apabila Sahabat memiliki area kamar mandi yang cukup luas, menempatkan mesin cuci di kamar mandi dapat menjadi pilihan tepat.

    Desain Laundry Room

    Laundry Room di Kamar Mandi

    Dengan begini, kita juga tidak perlu terlalu bingung memikirkan tentang instalasi air yang digunakan untuk mencuci.

  • Laundry Room di bawah Tangga

    Desain Laundry Room

    Laundry room di bawah tangga

    Ruang bawah tangga sering kali dibiarkan kosong. Padahal sudut rumah satu ini, meskipun kecil, tapi sangat mungkin kita manfaatkan menjadi ruangan yang fungsional. Salah satunya adalah dengan menjadikan ruang bawah tangga sebagai laundry room. Tempat ini sangat mungkin dijadikan tempat untuk menyimpan mesin cuci, peralatan mencuci lainnya, serta peralatan setrika.

  • Laundry room dan ruang jemur

    Desain Laundry Room

    Laundry Room dan Ruang Jemur

    Memiliki laundry room yang menyatu dengan ruang jemur tentunya akan menjadi pilihan praktis untuk mencuci. Ruangan ini umumnya ditempatkan di bagian paling belakang rumah. Agar jemuran tetap terhindar dari hujan, buatlah ruangan yang tertutup, namun memiliki atap transparan agar cahaya matahari tetap dapat masuk.

    Desain Laundry Room

    Laundry Room dan Ruang Jemur

    Sahabat juga bisa menempatkan peralatan untuk menyetrika di ruangan ini, sehingga setiap baju yang keluar dari ruangan ini sudah rapi dan siap untuk disimpan di lemari atau dipakai. Jangan lupa lengkapi ruangan dengan rak-rak untuk menempatkan peralatan mencuci seperti deterjen, pewangi, sikat, dan lainnya.

  • Laundry room dengan tanaman

    Desain Laundry Room

    Laundry Room dengan hiasan ruangan tanaman

    Kegiatan mencuci maupun menyetrika di ruangan yang sempit mungkin akan membuat Sahabat merasa sumpek. Untuk menyiasatinya, coba tempatkanlah beberapa pot tanaman di landry room agar ruangan dapat terasa lebih sejuk.

    Desain Laundry Room

    Laundry Room dengan hiasan tanaman

    Sahabat dapat menempatkan tanaman di sudut ruangan, sebagai hiasan dinding, hingga sebagai tanaman gantung yang akan menambah keindahan ruangan. Dijamin deh, menghabiskan waktu di laundry room jadi lebih menyenangkan dengan suasana ini!

  • Laundry room dengan kursi santai

    Desain Laundry Room

    Laundry Room dengan kursi santai

    Apa yang biasa Sahabat lakukan ketika menunggu mesin cuci berputar untuk membersihkan pakaian? Diam berdiri pastinya akan membosankan dan tentunya juga membuat kaki pegal!

    Desain Laundry Room

    Laundry Room dengan Kursi Santai

    Cara lainnya untuk menjadikan laundry room menjadi tempat yang menyenangkan adalah dengan menyediakan tempat duduk yang dapat digunakan untuk bersantai. Mencuci terkadang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Sahabat bisa duduk santai menunggu cucian selesai sambil membaca buku atau melakukan kegiatan menyenangkan lainnya.

  • Laundry room tersembunyi

    Desain Launrdy Room

    Laundry Room dengan ruangan tersembunyi

    Jika Sahabat menginginkan desain laundry room yang lebih rapi dan tidak mencolok, desain ini bisa menjadi salah satu pilihan. Menempatkan mesin cuci di dalam lemari khusus memang dapat membuat ruangan menjadi telihat rapi.

    Desain Laundry Room

    Laundry room dengan ruangan tersembunyi

    Selain dirancang untuk menempatkan mesin cuci, lemari juga dilengkapi dengan rak-rak lainnya untuk menampatkan pakaian dan juga berbagai peralatan laundry lainnya.

Nah Sahabat Edupaint, unik-unik bukan desain laundry room di atas? Jadi, desain mana yang menjadi pilihan Anda?

Cat Tembok Sanlex 6000

Artikel Terkait