15 Inspirasi Ruang Tamu Lesehan Japandi, Simak Juga Tipsnya!

cara-menghilangkan-cat-di-baju
15 Inspirasi Ruang Tamu Lesehan Japandi, Simak Juga Tipsnya!

Salah satu desain ruang tamu lesehan minimalis bisa kamu wujudkan dari gaya Japandi. Gaya ini merupakan gaya yang menggabungkan antara desain ala Jepang dan Skandinavia. Bukan hanya minimalis, ruang tamu lesehan Japandi juga terlihat santai sehingga menciptakan suasana yang cozy dan tentunya estetik.

Tips Ruang Tamu Lesehan Japandi

Jika ingin menerapkan konsep satu ini untuk ruang tamu Sahabat Edupaint, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan:

1. Pilih warna cat tembok netral

Hal yang pertama harus diperhatikan adalah pemilihan warna cat dinding. Japandi mengusung tema minimalis dengan warna cat dinding dominan putih atau warna netral lainnya yang tidak jauh berbeda dengan putih, krem misalnya.

Warna putih bisa memberi kesan cerah pada ruangan dan membuat ruangan terlihat lebih luas.

2. Furnitur warna pastel

Selain tembok yang berwarna netral, ruang tamu lesehan Japandi juga identik dengan furnitur dengan warna pastel atau kalem. Jadi sebaiknya hindari warna-warna yang terlalu mecolok.

3. Pencahayaan alami

Ruang tamu lesehan ala Jepang dan Skandinavia ini juga biasanya mengandalkan pencahayaan alami. Salah satu cara mewujudkannya adalah dengan menggunakan jendela besar atau bahkan membuat ruang tamu semi terbuka.

4. Gunakan furnitur simpel dan space-saving

Bukan hanya warnanya yang simpel, tapi bentuk furnitur untuk menerapkan gaya Japandi juga sebaiknya dipilih yang sederhana agar tidak makan tempat. Lebih baik lagi jika furnitur serba guna dan juga bisa menjadi ruang penyimpanan sekaligus.

5. Unsur alam dalam ruangan

Memelihara tanaman indoor sudah menjadi hobi Anda? Kebetulan sekali, Sahabat bisa memasukkan tanaman ke dalam desain ruang tamu lesehan Japandi ini.

Inspirasi Ruang Tamu Lesehan Japandi

Masih bingung ingin bikin ruang tamu seperti apa? Berikut beberapa desain ruang tamu yang bisa jadi inspirasi:

1. Ruang tamu dengan meja bulat khas Japandi

Sumber: www.pinterest.com

Meja bulat adalah salah satu contoh furnitur yang simpel dan memberi ruang lebih di sekitar area duduk. Desain di atas juga menggambarkan gaya Japandi dengan jendela besar dan juga keberadaan tanaman yang menambah kesan alam dalam ruangan.

2. Jendela besar untuk pencahayaan alami

Sumber: www.pinterest.com

Posisi tempat duduk lesehan di samping jendela langsung dapat memberikan cahaya yang maksimal di ruang tamu. Selain untuk ruang tamu, ruang ini juga sangat cocok dijadikan ruang santai

3. Ruang tamu dengan dominasi warna putih

Sumber: www.pinterest.com

Selanjutnya ada ruang tamu lesehan dengan warna khas putih, mulai dari dinding, plafon, lantai, hingga beberapa furniturnya berwarna putih.

4. Ruang tamu sekaligus ruang kerja

Sumber: www.pinterest.com

Masih bekerja dari rumah? Desain ruang tamu yang sekaligus bisa dijadikan ruang kerja ini bisa jadi pilihan. Bagian tempat duduk terbuat dari kayu yang bagian bawahnya dapat dijadikan storage untuk menyimpan berbagai barang.

5. Tanaman indoor untuk mempermanis dekorasi

Sumber: www.pinterest.com

Simpan tanaman di pojok ruang tamu agar tidak terlihat kosong dan supaya ruangan terlihat lebih asri.

6. Furnitur warna pastel yang elegan

Sumber: www.pinterest.com

Furnitur dengan warna kalem bisa memberi kesan elegan pada ruangan. Contohnya seperti bean bag di atas yang juga cocok untuk melengkapi ruang tamu lesehan.

7. Ruang tamu yang bisa dijadikan ruang baca

Sumber: www.pinterest.com

Rumah yang tidak terlalu luas dapat disiasati dengan ruang yang lebih serga guna, contohnya seperti ruang tamu yang bisa dijadikan ruang baca di atas. Bantalan duduk dan sofa cushion juga sudah cukup menjadi pelengkap ruangan.

8. Hiasan ruangan yang tidak makan tempat

Sumber: www.pinterest.com

Minimalis bukan berarti Sahabat harus menghilangkan semua aksen hiasan dalam ruangan. Coba untuak membuat rak dinding untuk hiasan seperti yang ada di gambar di atas. Tidak makan tempat dan sangat membantu menambah kesan cantik ruang tamu, bukan?

9. Aksen kayu dan marmer

Sumber: www.pinterest.com

Aksen kayu memang akrab dengan desain ala Jepang. Sahabat juga bisa mewujudkan ruang tamu Japandi dengan perpaduan unsur marmer dan kayu seperti ini. Simpel dan elegan sekali, ya?

10. Alas duduk ala Jepang

Sumber: www.pinterest.com

Supaya lebih kental suasana Jepangnya, Sahabat juga bisa menggunakan meja kayu dan alas duduk ala Jepang untuk ruang tamu impian.

11. Ruang tamu modern dengan sentuhan Japandi

Sumber: www.pinterest.com

Kalau yang satu ini adalah desain ruang tamu lesehan minimalis Japandi dengan sentuhan modern. Sofa dengan warna oranye tidak merusak kesan Japandi pada dinding warna netral, lantai kayu, jendela besar, dan tanaman dalam ruangan. Justru ini menjadi perpaduan yang sangat pas.

12. Cermin untuk kesan ruangan yang lebih luas

Sumber: www.pinterest.com

Selain menggunakan tembok putih dan jendela besar, menambahkan cermin di dinding juga bisa membuat kesan ruangan lebih luas.Contohnya seperti desain ruang tamu di atas.

13. Ruang tamu semi terbuka

Sumber: www.pinterest.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ruang tamu semi terbuka bisa dijadikan pilihan untuk menerapkan gaya satu ini. Jika khawatir furnitur akan rusak di ruang terbuka, bisa juga mempertimbangkan dinding kaca di seluruh sisi ruangan. Tentunya cahaya alami akan masuk maksimal ke dalam ruangan dari berbagai arah.

14. Bagian bawah tempat duduk untuk penyimpanan

Sumber: www.pinterest.com

Ini dia inspirasi desain lain yang juga space-saving. Ruang tamu lesehan bisa dibuat di atas tempat yang menyerupai panggung yang di bawahnya digunakan untuk ruang penyimpanan.

15. Ruang tamu dengan pemandangan ke halaman

Sumber: www.pinterest.com

Ruangan dengan jendela besar tentunya sangat memungkinkan kita untuk melihat pemandangan di luar. Coba buat taman di samping jendela ruang tamu tersebut agar bisa berbincang dengan tamu sambil melihat pemandangan taman yang asri. Lebih baik lagi jika jendela tersebut bisa dibuka dan ada akses menuju halaman tersebut.

Itu dia tips dan inspirasi dan tips ruang tamu lesehan Japandi yang minimalis. Sudah siap untuk menerapkannya untuk wujudkan ruang tamu impian?