CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Intip Yuk, Fungsi-Fungsi Warna Di Bawah Ini

Secara umum, warna adalah suatu bentuk cahaya atau radiasi gelombang elektromagnetik yang dihasilkan dari cahaya matahari yang berwarna putih murni. Warna begitu akrab dalam kehidupan kita sehari-hari dan mampu membuat dunia menjadi ceria.

Bayangkan jika di dunia ini tidak ada warna, hmmm…pasti terasa sangat membosankan bukan? Warna memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Warna mampu mencerminkan kepribadian seseorang. Bahkan warna dapat menyembuhkan dan menyeimbangkan emosi. Serta bisa menciptakan keselarasan pada sebuah ruangan.

Karena warna memiliki fungsi yang penting, maka artikel kali ini membahas mengenai fungsi warna-warna yang ada di dunia ini. Apa saja? simak di bawah ini:

Beberapa fungsi warna, antara lain sebagai berikut:

  • Fungsi Identifikasi, warna dapat menjadi suatu tanda pengenal terhadap sesuatu. Misalnya warna  biru identik dengan langit dan laut, warna merah identik dengan api, kuning  identik dengan matahari, atau hijau identik dengan tumbuhan.
  • Fungsi Psikologis, warna mampu mempengaruhi suasana, perasaan, dan kepribadian manusia. Warna-warna tertentu dapat memberi pengaruh yang berbeda-beda. Misalnya  biru menunjukan rasa tenang dan nyaman, merah menimbulkan kesan berani,  dan lain sebagainya.
  • Fungsi Isyarat, warna memberikan tanda-tanda atas sifat dan kondisi. Warna tertentu yang berdiri sendiri maupun yang dikombinasikan memiliki  fungsi yang telah disepakati sebagai suatu tanda. Contohnya, merah bisa memberikan isyarat marah atau bendera putih mengisyaratkan menyerah.
  • Fungsi Keindahan (Estetik), warna memiliki nilai keindahan, penggunaan warna yang tepat pada suatu  benda akan mampu memberi nilai lebih pada benda tersebut.
  • Fungsi Alamiah, warna adalah properti benda tertentu, seperti buah tomat jarang ada yang hitam kan?

Warna begitu berperan dalam kehidupan kita bukan?

 

Add comment


Security code
Refresh