CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Ini Nih, Beberapa Hal Mengenai Warna

Warna begitu beragam serta memiliki peran penting dalam sebuah interior. Anda bisa siasati tampilan interior rumah Anda menggunakan warna. Permainan warna yang tepat akan menyempurnakan suasana dan kesan pada interior.

Berikut adalah beberapa hal mengenai warna pada sebuah interior. Simak yuk!!!

Membentuk Mood, setiap warna mampu mempengaruhi mood dan psikologi seseorang. Contohnya saja warna-warna hangat seperti merah, kuning, dan oranye adalah warna yang dapat memunculkan perasaan gembira, energik, aktif serta agresif.  Atau warna biru yang bisa menghadirkan suasana tenang dan membuat penghuni menjadi rileks.

Aksen (Point of Interest),jika Anda ingin menonjolkan salah satu elemen ruangan, Anda bisa menciptakan aksen menggunakan warna. Misalnya, cat warna mencolok pada salah satu bidang dinding yang ingin ditonjolkan, akan menciptakan fokus perhatian pada bidang tersebut. Warna yang paling cepat menarik perhatian, dapat diambil dari kelompok warna cerah dan kuat seperti merah, oranye, atau kuning.

Memecahdan menyatukan ruang, penggunaan warna yang berbeda pada tiap fungsi ruang, bisa memecah kesan ruang terbuka tanpa pembatas fisik. Namun, perhatikan skema warna yang akan diterapkan. Paduan warna-warna analog bisa digunakan untuk menciptakan perpindahan ruang yang lebih halus, demikian juga dengan warna-warna monokromatik. Sementara warna komplementer dan bersifat kontras bisa digunakan untuk membedakan ruangan secara lebih tegas.

Memberi kesan luas dan sempit pada sebuah ruangan, jika Anda memiliki ruangandengan ukuran sempit, Anda bisa siasati menggunakan warna agar tampak lebih lapang. Misalnya, gunakan warna-warna terang seperti putih. Atau untuk ruangan yang luas namun minim ornamen, tentu akan terlihat lengang dan kosong, apalagi jika salah satu dindingnya terbuka dan menghadap ke arah luar. Untuk menyeimbangkan proporsi dan dimensi ruang pada kasus ini, aplikasikan warna yang lebih gelap atau lebih mencolok pada salah satu dindingnya.

Menciptakan kesan rendah pada plafond, untuk memanipulasi plafondyang terlalu tinggi, gunakan warna plafon yang lebih gelap daripada warna dinding, sehingga akan memberikan kesan mendekatkan jarak antara langit-langit dan lantai.

Membuat plafond terlihat lebih tinggi, agar plafondterkesan tinggi pada langit-langit yang rendah, aplikasikan warna paling terang pada langit-langit dan lantai. Untuk memberikan kesan yang maksimal, beri warna bagian atas dinding sekitar 20-40 cm dengan warna yang sama dengan plafon. Hal ini akan memberikan kesan dinding tersebut seolah-olah menjadi bagian dari plafon, sehingga memberi kesan meninggikan.

Intimasi ruang, ketika mengaplikasikan warna yang lebih gelap pada ruangan, kita akan mendapatkan kesan ruangan yang dekat. Dalam hal ini warna telah berhasil menyempurnakan kesan intim pada sebuah ruangan. Hal ini bisa diaplikasikan kala memiliki ruangan yang berkesan jauh dan membosankan. Untuk menyiasatinya, pilih warna gelap atau mencolok pada sisi dinding terjauh, lalu letakkan artwork yang atraktif sehingga memberikan suasana yang dekat dan intim. Dan, tetap berikan warna-warna terang pada langit-langit dan lantai, agar dimensi luasnya tetap terjaga.

Add comment


Security code
Refresh