CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Peran Warna Dalam Kehidupan

Warna begitu akrab dalam kehidupan kita sehari-hari. Semua aktivitas di dunia ini tak pernah lepas dari keberadaan warna. Warna memiliki peran penting dan memberikan pengaruh terhadap kejiwaan serta suasana hati seseorang.

Hmmm … apa saja ya peran warna dalam kehidupan ini? Kita lihat sama-sama yuk di bawah ini:

Warna berperan dalam mempengaruhi psikologi, secara psikologi warna mampu mempengaruhi kejiwaan seseorang. Setiap warna memiliki karakter yang berbeda-beda dalam memberikan pengaruh terhadap psikologi. Misalnya, warna merah yang merupakan warna hangat, dapat memunculkan efek membangkitkan emosi, perasaan marah, dan permusuhan. Warna lain yang juga termasuk ke dalam kelompok warna hangat diantaranya yaitu warna kuning dan oranye.

Berbeda dengan dengan warna biru, warna ini dikenal sebagai spektrum warna dingin, sering digunakan untuk memunculkan kesan ketenangan, tetapi juga dapat membangkitkan perasaan sedih atau terabaikan. Yang termasuk ke dalam kelompok warna dingin diantaranya yaitu, warna biru, warna hijau, atau warna ungu.

Warna berperan sebagai perawatan, misalnya, merah digunakan untuk merangsang tubuh dan pikiran, kuning untuk merangsang simpul-simpul syaraf untuk meningkatkan sirkulasi tubuh, oranye banyak digunakan untuk menyembuhkan paru-paru dan untuk meningkatkan energi, serta biru biasanya digunakan sebagai alternatif untuk mengurangi rasa sakit. 

Warna berperan sebagai terapi,  menurut beberapa pakar kesehatan, ternyata warna memiliki pengaruh untuk kesehatan. Pada penyakit-penyakit tertentu, termasuk stres, warna yang diyakini secara psikologis dapat menyembuhkan penyakit seseorang. Warna juga banyak digunakan untuk penyembuhan dan chromotherapy yang biasa disebut dengan terapi cahaya.

Misalnya, warna hijau dapat menenangkan susunan saraf, orang yang sering merasa tegang dapat dibantu dengan warna hijau. Warna hijau dari dedaunan yang banyak mengandung klorofil mempunyai unsur pembersih tubuh, melancarkan darah yang cenderung membeku, serta merangsang kelenjar hormon agar dapat mengendalikan kelenjar-kelenjar lain.

Wah, warna yang ada dalam kehidupan kita sangat berperan bukan ?

Add comment


Security code
Refresh