CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Kenali Fungsi Warna Ruang Pada Rumah

Warna begitu beragam, banyak para ahli yang mempelajari warna, nuansa, dan kesan yang ditimbulkan oleh warna. Masing-masing warna memiliki energi, karakter dan efek psikologi yang berbeda-beda sehingga pilihan warna pada rumah akan menimbulkan suasana dan nuansa yang mencerminkan kepribadian penghuninya.

fungsi warna

Untuk menentukan warna rumah Anda harus memiliki pemahaman mengenai warna misalnya lingkaran warna, istilah warna, psikologi warna, dan fungsi dari warna itu sendiri jika diterapkan sebagai warna rumah. Memahami fungsi warna pada rumah merupakan hal yang sangat penting untuk membantu Anda dalam menentukan pilihan warna yang tepat untuk rumah.

Berikut akan disajikan beberapa fungsi warna untuk ruang pada rumah:

Warna sebagai pemberi pembentuk, warna mampu memisahkan satu bagian dengan bagian yang lainnya dalam dari suatu benda atau ruang.

Warna memiliki fungsi sebagai keselamatan dan menjelaskan penggunaan, dari suatu benda atau ruang. Misalnya warna merah digunakan untuk menAndai bagian-bagian berbahaya dari sebuah benda atau ruang pada rumah. Warna terang diterapkan pada pintu dan warna yang lebih gelap diaplikasikan pada dinding untuk memberikan kejelasan kegunaan yang menunjukkan orientasi pergerakan pada pintu sedangkan pada dinding tidak.

Warna sebagai pengantar makna, warna mampu menimbulkan makna dan efek psikologi tertentu. Misalnya ada warna yang terkesan pada seperti warna merah dan oranye, kesan dingin pada warna biru dan hijau. Ada juga warna yang terkesan keras seperti warna coklat dan merah, warna dapat memberi kesan kuat dan lemah. Selain itu warna juga memiliki makna budaya seperti warna yang terkesan mahal, terkesan murah, antic, modern. Warna gelap seprti hitam, biru tua, coklat tua lebih terkesan laki-laki, sedangkan untuk warna-warna lembut seperti pink, hijau muda, dan krem lebih bersifat kewanitaan.

Warna memberi sentuhan keindahan, pewarnaan pada dinding sebuah ruang dapat menghasilkan suatu keindahan tersendiri. Warna dapat menciptakan nuansa tertentu pada ruang sehingga pemilihan warna untuk ruang harus tepat agar bisa menimbulkan kenyamanan.

Penerapan warna pada ruang untuk menciptakan mood penghuninya, warna yang diterapkan pada sebuah ruang biasanya warna-warna yang tenang dan tidak terlalu gelap. Untuk warna-warna yang keras hanya digunakan pada satu ruang atau salah satu bagian dinding sebagai aksen agar dapat memicu atmosfer tertentu dan ruang tetap terlihat segar.

Add comment


Security code
Refresh