CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Desain Warna Ciptakan Suasana Di Ruang Makan

Ruang makan adalah salah satu bagian yang sama pentingnya dengan ruang keluarga dalam sebuah rumah. Di ruang ini juga terjadi interaksi antara anggota keluarga, sehingga Anda perlu untuk menciptakan suasana nyaman, hangat, dan akrab di ruang ini.

suasana di ruang makan

Interaksi antar anggota keluarga banyak dilakukan di ruang makan bahkan banyak menciptakan keakraban dibandingkan dengan ruang keluarga. Mengapa? Karena pada ruang keluarga anggota keluarga lebih fokus pada televisi, berbeda dengan ruang makan, di ruang ini anggota akan duduk terpusat pada meja, kegiatan yang dilakukanpun hanya satu yaitu makan. Biasanya pada saat anggota berkumpul untuk makan terciptalah perbincangan, saling berbagi cerita yang akhirnya terbentuk keakraban antar anggota keluarga.

Oleh karena itu, jagalah keakraban tersebut dengan cara menciptakan ruang makan yang menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga. Dalam penataan ruang makan untuk memunculkan kesan yang nyaman, akrab, dan intim tentunya dipengaruhi juga oleh penggunaan warna pada ruang ini karena menurut psikologi warna dapat memberikan efek pada sebuah ruang.

Yang harus dilakukan sebelum menata ruang makan adalah menentukan pilihan warna yang akan diaplikasikan. Penerapan warna-warna pada ruang makan mampu menciptakan mood dan nafsu makan. Misalnya warna hangat seperti merah, oranye, dan kuning sangat cocok untuk ruang makan yang sifatnya formal karena warna-warna tersebut dapat mendorong selera makan. Warna ini sesuai untuk ruang makan tujuannya untuk menjamu tamu dan membuat  tamu betah berlam-lama di meja makan dan perbincangan pun akan terjadi lebih lama dan akrab.

Sedangkan untuk warna-warna terang yang berasal dari warna-warna hangat seperti oranye terang, kuning terang akan menimbulkan kesan yang dapatr mendorong orang makan lebih cepat. Warna ini tepat diterapkan pada restoran cepat saji tetapi jangan Anda gunakan sebagai warna dinding untuk ruang makan keluarga Anda karena jika diaplikasikan pada dinding warna-warna tersebut akan mendominasi dan membuat anggota keluarga makan dengan cepat, sebaiknya warna-warna ini Anda guna untuk aksen saja.

Ingat, jangan pernah menerapkan warna biru pada desain warna ruang makan Anda karena warna ini dapat menekan nafsu makan yang akhirnya menciptakan suasana yang kurang intim antara anggota keluarga.

Add comment


Security code
Refresh