CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Warna, Warna, Dan Warna

Jika kita merasa tenang berada di suatu ruang tertentu, artinya ruang tersebut dapat menciptakan mood yang tepat dengan suasana hati Anda. Sebaliknya, pernahkan Anda merasa jenuh atau perasaan tak menentu saat berada di suatu ruangan? Apakah beda warna maka suasana hati Anda berbeda pula? Mungkin itu karena warna mempengaruhi suasana hati Anda.

warna

Ya, warna-warni memiliki efek psikologis. Kemampuan warna menciptakan impresi mampu menimbulkan efek-efek tertentu. Efeknya berpengaruh terhadap pikiran, emosi,tubuh, dan keseimbangan. Secara psikologis,

Selain dapat dilihat dengan mata ternyata warna mampu mempengaruhi perilaku seseorang, memberikan kesan tertentu, dan menentukan suka tidaknya seseorang pada suatu benda. Ahli fisiologi dan psikologi menjelaskan ada empat warna primer : merah, hijau, kuning, dan biru. Walaupun tidak diketahui secara pasti mengapa orang-orang menyukai warna dan kombinasi warna tertentu. Tetapi yang jelas, setiap warna mempunyai karakter berbeda-beda. Penggunaan warna telah dimanfaatkan secara luas dalam bidang industri dan desain.

Tidak hanya itu, warna juga digunakan dalam suatu kebudayaan. Warna terkadang diartikan berbeda dalam berbagai masyarakat dan kebudayaan. Sebagai contoh, bagi masyarakat barat, putih memiliki makna suci. Itu sebabnya pengantin memakai busana berwarna putih. Sementara bagi masyarakat China, putih melambangkan duka dan kematian. Masyarakat China justru sebaliknya,menggunakan baju pengantin berwarna merah dan emas, yang bermakna keberuntungan.

Di dalam sejarah China, warna hijau adalah warna perempuan. Lain dengan budaya Muslim, yang menganggap warna hijau adalah warna yang suci. Walau dalam berbagai masyarakat, warna dimaknai berbeda-beda dan dapat berubah selama bertahun-tahun, namun para peneliti umumnya menemukan kesamaan karakter pada tiap warna.

Jadi, warna memiliki banyak manfaat dalam kehidupan kita namun sering kali kita menyadarinya.

Add comment


Security code
Refresh