CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Peran Warna Di Sekeliling Kita

Warna memiliki peran penting. Warna banyak digunakan di berbagai bidang dalam kehidupan. Kita tidak pernah terlepas dari warna, bahkan di sekeliling kita penuh dengan warna. Semua yang ada di dunia ini tidak ada yang tidak berwarna.

peran warna

Warna banyak memberikan manfaat, baik sebagai elemen estetika, sebagai representasi dari alam, sebagai media komunikasi, maupun digunakan untuk mewakili ekspresi seseorang. 

  • Warna sebagi elemen estetika, warna memiliki fungsi membentuk sebuah keindahan yang tidak hanya sebatas indah di mata tetapi juga sebagai unsur eksistensial benda-benda yang ada di sekeliling kita. Dengan warna kita dapat melihat dan membedakan benda yang ada di sekitar kita. Misalnya, bila kita meletakkan sebuah benda di tempat yang sangat gelap, mata kita tidak mampu mendeteksi obyek tersebut dengan jelas. Di sini warna mempunyai fungsi ganda dimana bukan hanya aspek keindahan saja namun sebagai elemen yang membentuk perbedaan antara obyek satu dengan obyek lain.
  • Warna sebagai representasi dari alam, secara umum warna mampu menggambarkan sifat obyek secara nyata. Contoh warna hijau untuk menggambarkan daun, rumput, dan biru untuk laut, langit dan sebagainya. Warna dalam hal ini lebih mengacu pada sifat-sifat alami dari obyek tertentu misalnya padat, cair, jauh, dekat dsb.
  • Warna sebagai media komunikasi, warna sebagai bagian dari simbol. Warna merupakan lambang sebuah tradisi atau pola tertentu. Warna sebagai komunikasi seringkali dapat kita lihat dari obyek-obyek seperti bendera, logo perusahaan, fashion, dll.
  • Warna sebagai ekspresi, Warna adalah sebuah perwakilan atau pengganti bahasa formal dalam mengkomunikasikan sesuatu misalnya, merah melambangkan kemarahan.

Ternyata begitu banyak manfaat warna dalam kehidupan manusia.

Add comment


Security code
Refresh