CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Warna Sebagai Pengkoreksi Ruang

Sebuah warna dapat mempengaruhi kesan dimensi ruang. Oleh karena itu, penting penggunaan aplikasi warna pada rumah tinggal. Warna tesebut dapat sebagai pengkoreksi ruangan yang ada. sebaliknya, penerapan warna yang salah akan membuat ruang terkesan semakin tidak proposional.

 

 

Warna Untuk mempertinggi atau memperendah langit-langit

Langit-langit sangat berperan dalam membentuk kesan ruang. Langit-langit yang terlalu tinggi memberikan kesan jauh dan tidak akrab. Sedang langit-langit yang terlalu pendek memberikan kesan menekan dan panas. Oleh karena itu, penggunaan aplikasi warna harus baik, misalnya plafon yang terlalu tinggi bisa di siasati dengan mengaplikasikan gradasi warna. Warna tua diterapkan di langit-langit, sedangkan untuk dinding menggunakan gradasi warna yang lebih muda dari pada langit-langit, misalnya hijau tua dan hijau muda. Demikian juga jika langit-langit terlalu rendah, pengaplikasian warna tetap dengan gradasi warna yang merupakan kebalikan dari plafon tinggi, warna langit-langit dengan menggunakan warna muda sedangkan dinding dengan warna lebih tua, misal langit-langit dengan warna warna putih dan dinding dengan warna biru.

 

Warna Untuk memperluas atau mempersempit kesan ruangan

Menata rumah dengan ukuran besar memang mudah ketika menata furniture dan barang yang terdapat di dalamnya. Namun terkadang ruang terlalu besar pun kurang nyaman, apabila jika hanya di isi dengan sedikit furniture karena akan terlihat kesan kosong dan dengan sendirinya akan lebih dominan. Apabila dihadapkan dengan ruangan seperti ini maka langkah yang tepat adalah memasukan warna agak gelap pada bagian dinding atau hanya pada satu atau dua dinding saja. Dengan demikian, ruang akan menjadi lebih nyaman dan kesan akrab muncul.

Banyaknya rumah tinggal yang bertipe mungil menyebabkan ruangan terlihat kecil, sepit dan kurang lapang. Masalah tersebut bisa disiasati dengan menggunakan warna-warna terang atau putih netral sehingga ruangan terkesan lebih luas. Selain itu, lantaipun menggunkan matrial yang lebih muda.

 

Warna untuk memperlebar atau memperpendek selasar

Selasar adalah ruangan yang tidak terlalu luas yang menghubungkan ruang-ruang utama dalam suatu hunian. Seperti ruang tidur dengan ruang duduk dihubungkan dengan selasar selebar  dua meter. selasar yang kurang lebar dapat mengunakan warna muda atau putih dan di cat pada dinding dan langit-langit, sehingga kesan luas akan terlihat, jika selaras terlalu panjang cara efektif yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan warna gelap pada dinding ujung selasar. Dengan demikian ujung selasar , yaitu dinding yang dicat gelap terlihat lebih pendek.

 

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh