CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Uuups, Warna Pada Interior Ternyata Banyak Fungsinya!!!

Dengan mengaplikasikan warna, maka sebuah ruangan akan tampak indah dan terkesan berbeda. Namun, tahukah Anda, kehadiran warna-warna tersebut tidak hanya bisa memunculkan nilai estetika tapi juga memiliki fungsi lain.

warna pada interior

Hmmm…apa saja ya fungsi warna pada interior? Nah, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai beberapa peran warna yang diterapkan pada sebuah ruangan. selamat membaca!!!

  • Mengubah Suasana Ruang

Warna yang diapliaksikan pada sebuah ruangan mampu memunculkan suasana yang berbeda-beda. Misalnya warna hangat akan memberikan kesan yang membuat perasaan gembira, ceria dan aktif seperti warna oranye, warna kuning, dan warna merah. Sedangkan warna dingin, biasanya identik dengan ketenangan, pasif atau rasa sedih. Contoh warna dingin yaitu warna biru atau warna hijau.

  • Membuat Aksen Ruang (Focal Point)

Warna yang juga bisa Anda fungsikan sebagai aksen atau titik pusat perhatian yang dapat membuat sebuah interior terlihat menarik. Caranya yaitu dengan memberikan warna kontras pada ruang atau area yang diinginkan. Misalnya menggunakan warna mencolok seperti warna merah pada salah satu bidang dinding yang didominasi warna putih, tampilannya yang menonjol  bisa menjadi langkah untuk mencuri perhatian.

  • Sebagai Batas Ruang Imajiner

Membuat batas antara ruang yang satu dengan ruang yang lainnya juga bisa menggunakan warna. Hal ini banyak ditemukan pada desain interior saat ini karena selain mampu menghemat dan mengefektifkan area, juga memberi kesan luas pada ruangan. Penggunaan warna yang berbeda pada setiap fungsi ruang dapat memecah kesan tanpa batas pada layout ruangan terbuka. Penggunaan warna berbeda juga mampu memperjelas perbedaan fungsi ruang, sekaligus mendefinisikan ruang. Pemisahan ruangan dimulai dengan memberikan warna-warna keras yang bersifat kontras.

  • Memanipulasi Ruang

Dengan warna Anda dapat memanipulasi tampilan ruangan, misalnya ruang tampak luas, terkesan sempit, tinggi, rendah, jauh, atau mendekatkan jarak. Hal ini karena warna dapat mempengaruhi kesan dimensi dari sebuah ruangan. Penggunaan warna-warna terang seperti putih, biru muda, abu-abu muda, dan hijau pucat akan memberi kesan ruangan yang luas. Sedangkan aplikasi warna-warna gelap seperti coklat tua, hitam, ungu tua akan membuat ruangan tampak lebih sempit. Untuk memunculkan kesan jarak yang mendekat, bisa menggunakan warna gelap dan mencolok seperti hitam atau merah. Sementara untuk ruangan yang terlalu tinggi, akan terasa lebih seimbang melalui aplikasi warna plafond yang lebih gelap daripada dindingnya. Penggunaan warna putih pada langit-langit yang rendah misalnya, akan menghasilkan pemandangan yang lebih tinggi.

Pastikan Anda memilih warna-warna yang sesuai agar fungsinya pas dan memberi kesan yang nyaman.

Add comment


Security code
Refresh