CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Ini Dia, Makna Warna Dalam Budaya China

Hmmm…tak lama lagi perayaan Imlek pun tiba, sudah saatnya bagi Anda yang merayakannya untuk mengubah tampilan interior lewat kreasi warna agar tampak lebih berkesan. Masukkan warna-warna khas Imlek sehingga suasana kebahagiaan terpancar pada interior rumah Anda.

Namun, tahukah Anda, dalam kebudayaan China, warna digolongkan kedalam dua kategori yaitu warna menguntungkan dan warna tidak menguntungkan. Wah, Anda perlu mengetahui nih warna-warna apa saja yang masuk dalam kelompok warna yang menguntungkan dan yang tidak. Sehingga Anda tak akan mengalami salah pilih warna untuk interior pada hari Imlek.

Berikut adalah beberapa warna dan maknanya dalam budaya China. Simak di bawah ini:

• Merah, Warna merah melambangkan keberuntungan. Warna ini sangat identik dengan perayaan tahun baru China/ Imlek. Warna merah dilarang sama sekali dalam upacara pengebumian karena melambangkan suka cita.

• Kuning / Emas, warna kuning menghasilkan Yin dan Yang, merupakan pusat dari segala sesuatu. Kuning dianggap warna yang paling indah dan melambangkan netralisasi serta keberuntungan. Warna kuning sering dipasangkan dengan warna merah dan sebagai ganti warna emas (gold).

• Hijau, warna hijau berkaitan dengan alam umumnya dikaitkan dengan kemakmuran, keharmonisan, dan kesehatan.

• Biru, merupakan warna yang juga mewakili alam serta pembaharuan, menunjukkan kekuatan dan vitalistas. Namun, warna biru dalam gradasi gelap cenderung banyak digunakan untuk melambangkan peristiwa berduka seperti upacara kematian.  

• Putih / Perak, putih berarti kemurnian tetapi dalam budaya China warna putih sering juga dianggap melambangkan kematian dan banyak digunakan pada upacara pengebumian. Orang Tiongkok kuno memakai pakaian dan topi warna putih hanya pada saat mereka berkabung. Warna putih sering digantikan dengan warna perak.

• Hitam, dalam budaya China, I ching menganggap warna hitam sebagai warna surga. Simbol Taiji menggunakan warna hitam dan warna putih untuk melambangkan kesatuan Yin dan Yang. Namun, pada China modern warna hitam sama halnya dengan warna putih, hitam juga merupakan warna yang melambangkan kematian serta berkabung.

Nah, dengan mengetahui beberapa makna warna dalam budaya China, Anda tak akan salah mengaplikasikan warna untuk menyambut perayaan Imlek.
 

Add comment


Security code
Refresh