CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Pengaruh dan Simbolisasi Warna

Warna tak hanya memberikan keindahan tetapi, warna-warna juga dapat berpengaruh terhadap psikologi seseorang dan memiliki simbol-simbol tertentu dalam kehidupan kita sehari-hari.  Begitu banyak manfaat yang diberikan warna untuk menunjang segala aktivitas kita.

Berikut adalah pengaruh dan simbolisasi warna. Simak yuk!!!

Pengaruh serta simbol variasi warna

Warna gelap dan terang atau warna apapun dapat memunculkan makna yang  berbeda satu sama lain. Misalnya, merah diasosiasikan dengan  energi, kuat, sensual serta mendorong semangat. Merah muda yang merupakan gradasi warna merah tak lagi terkesan energik tetapi akan tampak lembut, tenang, feminim, dan manis. Demikian juga, biru tua adalah warna yang menjadi simbol bermartabat,  berwibawa, memberi pengaruh yang menenangkan, dan sejuk.

Jumlah dan penempatan warna

Warna memberikan pengaruh dan menjadi simbol yang semakin kuat bila digunakan dalam area yang luas. Misalnya, warna merah sebagai warna dasar pada dinding interior akan terkesan berbeda dengan warna merah yang hanya digunakan untuk aksen.

Kombinasi warna

Warna akan memunculkan pengaruh dan simbol baru ketika warna tersebut dikombinasikan dengan warna-warna yang lain. Misalnya, merah dan hijau adalah paduan warna yang sering digunakan untuk melambangkan perayaan Natal dalam budaya barat. Kombinasi keduanya juga mampu memberikan kesan menarik dan hangat namun tetap memberi nuansa tenang saat diaplikasikan pada sebuah interior.

 

Add comment


Security code
Refresh