CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Kelompok Warna-Warna

Warna bukanlah sesuatu yang asing. Warna begitu akrab dalam kehidupan sehari-hari yang mampu memberikan pengaruh terhadap psikologi seseorang. Selain itu, warna juga dapat menciptakan nuansa keindahan dan membentuk kesan tertentu.

Warna-warna yang kita kenal memiliki makna yang berbeda-beda satu dengan yang lain dan dibagi dalam kelompok-kelompok. Berikut adalah beberapa pembagian warna menurut kemurnian serta temperatur :

Berdasarkan Kemurnian Warna

Warna pokok atau Warna primer, terdiri dari tiga warna yaitu:

· Merah

· Biru

· Kuning

Warna merah, biru, dan kuning selanjutnya disebut lingkaran warna primer.

 

Warna sekunder, merupakan percampuran warna primer:

· Jingga adalah campuran warna merah dan kuning

· Hijau adalah campuran warna biru dan kuning

· Ungu adalah campuran warna merah dan biru

Biasa disebut lingkaran warna sekunder.

 

Berdasarkan Temperatur Warna

· Panas, yaitu warna-warna terang, memiliki karakter yang tampil menonjolbila digunakan untuk mewarnai objek dan objek akan nampak lebih besar.  Contohnya, warna merah sampai kuning dalam lingkaran warna.

· Dingin, yaitu warna-warna yang dapat memberi kesan dingin dan sejuk. Kelompok warna ini mampu memberikan kesan lebih sempit atau  memperkecil objek.Contohnya, warna hingga violet dalam lingkaran warna.

· Netral, yaitu warna di tengah-tengah dalam lingkaran warna, sering digunakan sebagai aksen atau penekanan objek. Contohnya, warna coklat.

Untuk mengaplikasikan warna-warna tersebut pada interior, ada baiknya Anda memahami karakter dari masin-masing warna. Sehingga muncul kesan sesuai yang Anda inginkan.

Key word: warna, warna-warna interior, paduan warna interior, kelompok warna, menciptakan kesan indah dengan warna, tips memilih warna, psikologi warna, efek warna, kesan warna, karakter warna, temperatur warna, warna primer, warna sekunder.

Add comment


Security code
Refresh