CARI ARTIKEL

Link

fb tw yt fr

Pilih Bahasa :

>>

Kenali Kelompok Warna Yuk

Tahukah Anda, warna yang akrab dalam kehidupan kita sehari-hari ternyata dibagi menjadi beberapa kelompok. Warna-warna dalam setiap kelompok memiliki karakter dan makna yang berbeda yang dapat memberikan pengaruh terhadap psikologi.

Apa saja kelompok warna itu? Yuk kita lihat di bawah ini : 

· Warna primer,  terdiri dari warna merah, biru dan kuning.

· Warna sekunder, merupakan pencapuran atau kombinasi dari tiga warna primer yaitu oranye, hijau, dan ungu.

· Warna tersier, kelompok warna yang bisa Anda dapatkan dengan mengkombinasi warna sekunder sehingga dalam lingkaran warna terdapat 12 warna, dan biasanya disebut sebagai roda 12 warna.

Dengan warna hitam dan putih di tengahnya sebagai warna yang netral. Penambahan warna netral ke 12 warna lain akan membuat intensitas warna menjadi berbeda. Tambahan warna putih membuat warna menjadi lebih muda. Tambahan warna hitam akan membuat warna menjadi lebih gelap. Dan warna abu-abu akan meningkatkan tone warna.

· Panas dan dingin, Setiap warna mempunyai suhu. Misalnya suhu panas diwakilkan oelh kelompok warna spektrum merah atau kuning. Atau suhu dingin diwakilkan oleh kelompok warna pada spektrum biru - violet hingga hijau.

· Gelap dan Terang , setiap warna memiliki tone, bisa terang ataupun gelap. Misalnya warna coklat tua masuk ke dalam kelompok warna gelap, sedangkan warna kuning muda adalah warna terang.

· Cerah atau kalem, cerah atau kalem terkait dengan intensitas warna atau kroma. Intensitas warna dapat di kelompokkan menjadi pure, bright dan brillian. Warna dengan intensitas atau kroma rendah akan menjadi terlihat lebih kalem.

Dengan mengetahui kelompok warna-warna, maka Anda akan lebih muda ketika akan menentukan warna untuk interior.

 

Add comment


Security code
Refresh